Aset Penerbit

Aset Penerbit

null Pahami Cara Klaim Asuransi Jiwa dan Waktu yang Tepat Untuk Melakukannya
Inspirasi

Tidak ada yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan, misalnya ketika salah satu anggota keluarga atau bahkan diri sendiri terkena musibah yang tidak terduga. Tentunya akan menjadi masalah besar jika musibah itu terjadi pada pencari nafkah. Lalu, tidak adakah yang bisa kita lakukan untuk menekan risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan tersebut?

 

Belajar dari kasus es kopi sianida

Beberapa waktu ke belakang, media sosial dibuat geger dengan kemunculan series baru di salah satu platform online streaming yang berjudul “Ice Cold”. Series ini mengangkat tentang kisah nyata tragedi es kopi sianida yang sempat membuat heboh publik di tahun 2006 silam. Film dokumenter ini kembali mengingatkan kita tentang kasus pembunuhan Mirna Salihin, yang diduga dibunuh oleh sahabatnya sendiri, Jessica Wongso.

Kisah tragis ini bermula dari Mirna dan Jessica yang pada awalnya berteman. Menghabiskan waktu kuliah bersama, mereka jadi kian akrab. Apalagi, Mirna dan Jessica juga sering berwisata keluar negeri bersama. Di tanggal 6 Januari 2016, Mirna dan Jessica sepakat untuk bertemu di salah satu kafe di Jakarta untuk makan siang bersama. Pada saat itu, Jessica memesan dua cangkir kopi Vietnam yang diperuntukkan bagi dirinya sendiri dan Mirna. Nahas, setelah meminum kopinya, Mirna tiba-tiba merasa sakit, lalu muntah-muntah. Sesaat kemudian, Mirna dibawa ke rumah sakit dan dinyatakan meninggal dunia karena keracunan sianida.

Berangkat dari kejadian tersebut, polisi lalu menangkap Jessica Wongso dan menetapkannya sebagai tersangka yang membunuh Mirna Salihin meskipun Jessica membantah tuduhan tersebut. Tragedi tersebut lalu membuat masyarakat geger. Siapa sangka, ketika berangkat makan siang, keluarga Mirna tidak pernah mengira bahwa Mirna tidak akan pernah pulang ke rumah lagi.

Dari cerita ini kita belajar bahwa sesungguhnya manusia hanya bisa berkehendak, namun takdir bisa mengubah apapun, termasuk hilangnya nyawa seseorang yang merupakan bagian dari anggota keluarga sendiri. Sebelum itu terjadi, pastikan Anda sudah mempersiapkan tindakan preventif yang meminimalisir risiko dan dampak kurang mengenakkan.

 

Pentingnya asuransi jiwa

Sebetulnya, ada yang bisa Anda lakukan untuk memproteksi diri Anda dan orang-orang kesayangan dari risiko tak terduga di masa depan dengan asuransi jiwa. Asuransi jiwa merupakan salah satu perlindungan bagi Anda dan keluarga jika terjadi musibah kematian dan cacat total di masa depan. Ahli waris dari tertanggung asuransi jiwa akan mendapatkan sejumlah uang sesuai dengan polis yang dimiliki jika tertanggung asuransi jiwa mengalami risiko yang ditanggung, seperti meninggal dunia dan cacat tetap total.

Tentu saja, memiliki asuransi jiwa bisa menghilangkan rasa khawatir. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada Anda atau kepala keluarga, pihak tertanggung atau ahli waris tidak akan secara mendadak kehilangan sumber pemasukan karena akan mendapatkan sejumlah manfaat tunai. Anda bisa mengajukan klaim jika tertanggung asuransi jiwa meninggal dunia maupun mengalami cacat tetap total.

Dilansir dari laman situs resmi Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia, klaim asuransi adalah tuntutan dari pihak tertanggung karena adanya kontrak perjanjian dengan pihak asuransi untuk menjamin pembayaran ganti rugi selama pembayaran premi telah dilakukan oleh pihak tertanggung. Dalam konteks asuransi jiwa, klaim adalah permohonan resmi yang diajukan kepada perusahaan asuransi jiwa untuk mendapatkan sejumlah uang kepada penerima manfaat asuransi. 

Ada banyak jenis asuransi jiwa yang bisa Anda pilih. Namun, jika Anda ingin yang terbaik untuk diri sendiri dan orang-orang terdekat Anda, AXA Mandiri bisa jadi solusi terbaik. AXA Mandiri bukan hanya bisa jadi solusi perlindungan jiwa dan kesehatan, namun juga sebagai perencana keuangan jangka panjang. 

 

Cara klaim asuransi jiwa

Lalu, bagaimana cara klaim asuransi jiwa di AXA Mandiri jika anggota keluarga tertanggung asuransi meninggal dunia? Hanya butuh tiga langkah mudah untuk proses pengajuan klaim asuransi AXA Mandiri seperti berikut:

1. Lengkapi formulir

Formulir ini berisi data-data pengajuan klaim sesuai dengan klaim yang diajukan. Anda diharapkan untuk mengisi semua detail yang berhubungan dengan tertanggung asuransi, seperti misalnya: nomor identitas (KTP/paspor/nomor polis/nomor anggota). Anda bisa langsung kunjungi https://axa-mandiri.co.id/formulir untuk mengunduh formulir klaim asuransi yang akan diajukan.

Cara Klaim Asuransi Jiwa

2. Sertakan dokumen asli

Jangan lupa untuk mengunggah semua dokumen asli, termasuk tagihan/kwitansi, rekam medis asli atau fotokopi (dikeluarkan oleh dokter yang bersangkutan), dan berbagai dokumen pendukung lainnya untuk klaim perawatan medis dan rawat inap.

3. Kirimkan klaim Anda

Setelah itu, Anda bisa langsung mengajukan klaim dengan mengunjungi Customer Care Center (CCC) AXA Mandiri atau bisa juga mengirimkan semua dokumen yang dibutuhkan untuk proses klaim asuransi melalui email ke customer@axa-mandiri.co.id.

 

Bagaimana asuransi bekerja untuk masa depan Anda?

Setelah mengetahui manfaat dan mudahnya proses klaim asuransi jiwa, inilah saatnya Anda mulai mempertimbangkan untuk memiliki asuransi jiwa guna mencegah berbagai risiko finansial yang mungkin terjadi di masa depan. Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka persiapkan diri seaman mungkin untuk menghindari masalah yang tidak diinginkan.

Salah satu rekomendasi produk asuransi yang bisa Anda pertimbangkan adalah Asuransi Mandiri Secure Wealth. Asuransi ini merupakan asuransi jiwa dwiguna yang tidak hanya memberikan perlindungan atas risiko jiwa, tapi juga menyediakan manfaat tunai dijamin yang diberikan pada masa asuransi apabila tertanggung masih hidup dan polis aktif. Hal ini tentu bisa membantu Anda dalam mempersiapkan dana yang cukup untuk rencana masa depan, baik itu untuk perencanaan kebutuhan anak, berumah tangga, renovasi rumah, perjalanan ibadah, dan lain sebagainya.

Selain manfaat tersebut, tertanggung Asuransi Mandiri Secure Wealth akan mendapatkan perlindungan jiwa atas risiko meninggal dunia karena sebab apapun sebesar seratus persen dari uang pertanggungan dasar tanpa dikurangi manfaat tunai yang telah dibayarkan. Maka, tunggu apa lagi? Persiapkan masa depan Anda mulai dari sekarang karena masa depan seharusnya tidak berisiko.

Untuk informasi mengenai Asuransi Mandiri Secure Wealth, Anda bisa mengunjungi situs AXA Mandiri atau berkonsultasi dengan Financial Advisor AXA Mandiri di kantor cabang Bank Mandiri atau bisa juga dengan menghubungi contact center AXA Mandiri di 1500803.

 

Sumber:

  • https://bisnis.tempo.co/read/1785020/mengenal-apa-itu-asuransi-jiwa-manfaat-dan-jenisnya
  • https://finansial.bisnis.com/read/20210317/215/1368814/axa-mandiri-tawarkan-asuransi-proteksi-jangka-panjang-mandiri-secure-wealth
  • https://www.topbrand-award.com/article/detail/axa-mandiri-rilis-produk-asuransi-mandiri-secure-wealth
  • https://aaji.or.id/Articles/apa-yang-dimaksud-dengan-klaim-dan-apa-saja-tujuan-dari-klaim