Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

7 Wisata Gunung Paling Indah di Indonesia

14 September 2016 |

wisata-gunung-paling-indah-di-indonesia
Tentunya Anda tahu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan yang indah. Tetapi tahukah Anda jika dari ujung timur sampai barat Indonesia dipenuhi keindahan alam luar biasa mempesona. Seluruh keindahan itu tidak hanya memukau orang lokal saja tetapi juga pelancong dari penjuru belahan dunia. Salah satu potret keindahan yang nyata adalah deretan pegunungannya, berikut ini rangkuman wisata gunung paling indah di Indonesia.

  • Gunung Sindoro

Gunung Sindoro di Jawa Tengah bisa menjadi pilihan gunung untuk didaki yang hanya memakan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Sebenarnya jalur pendakian Gunung Sindoro cenderung tidak banyak berpindah punggung gunung sehingga membuat jarak tempuh relatif dekat. Anda bisa naik ke puncak saat pagi dan kembali saat menjelang sore. Gunung Sindoro dapat didaki melalui dua jalur pendakian yaaitu jalur Tambi (Kabupaten Wonosobo) dan Kledung (Kabupaten Temanggung). Jalur pendakian yang terjal disertai bukit-bukit akan menantang stamina, cocok didaki oleh pendaki pemula dan juga yang telah berpengalaman. Di puncak Gunung Sindoro, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Sumbing dan Kota Wonosobo.

  • Gunung Merbabu

Gunung Merbabu yang juga terletak di Jawa Tengah ini dapat ditempuh melalui empat jalur pendakian yakni Thekelan (Kabupaten Semarang), Wekas (Kabupaten Magelang), Cunthel (Kabupaten Semarang), dan Selo (Kabupaten Boyolali). Jika Anda memang gemar mendaki gunung, beberapa puncak dapat dicapai seperti Puncak Kenteng Songo, Puncak Triangulasi, dan Puncak Syarif.

Pada perjalanan melalui jalur pendakian Selo, Gunung Merapi juga dapat terlihat. Selain mendaki gunung, di kawasan tersebut terdapat desa wisata yang dapat dikunjungi seperti Desa Samiran, Selo. Di sana pengunjung dapat melihat pembuatan keju, memerah susu sapi, hingga berjalan-jalan di kebun sayur. Selain itu, Anda juga dapat mencoba melintas di Jembatan Gantung Salaran.

  • Gunung Papandayan

Lokasi Gunung Papandayan tidak jauh dari Jakarta yakni Kabupaten Garut. Gunung ini juga menawarkan medan yang tidak begitu berat. Waktu tempuh pendakian sekitar 3-4 jam, jalur yang perlu dilewati para pendaki juga tergolong landai dan tersedia jalur pendakian yang aman bahkan untuk pemula, juga memudahkan pelancong dalam melakukan pendakian. Beberapa kawah indah akan terlihat dari jalur pendakian. Kawah-kawah tersebut antara lain Kawah Nangklak, Kawah Mas, Kawah Baru, dan Kawah Manuk yang mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Hutan Mati juga merupakan titik yang tidak boleh terlewatkan untuk diabadikan.

  • Gunung Gede Pangrango

Gunung di Jawa Barat ini bisa menjadi pilihan di bulan yang memasuki musim kemarau, sebab cocok untuk pendakian pemula. Aktivitas yang dapat dilakukan di kawasan Gunung Gede Pangrango adalah mendaki gunung serta berkemah di lokasi Perkemahan Situ Gunung dan Bumi Perkemahan Mandalawangi. Jangan sampai lewatkan kesempatan mengunjungi beberapa air terjun seperti Cibereum, Sawer, Ciismun, dan Cimanaracun. Pendakian gunung bisa dilakukan melalui tiga jalur pendakian yakni Cianjur (Gunung Putri), Cibodas, dan Sukabumi (Salabintana). Lama pendakian melalui jalur pendakian Gunung Putri kurang lebih 4-6 jam, sementara melalui Cibodas dan Salabintana sekitar 10-12 jam.

  • Gunung Semeru

Gunung ini terkenal dengan predikat tertinggi di Pulau Jawa. Bulan Mei menjadi pilihan terbaik untuk mendaki Gunung Semeru yang berlokasi di Jawa Timur ini, sebab hamparan bunga di Oro-Oro Ombo mulai bermekaran dan berwarna ungu. Bunga Verbena brasiliensis yang sekilas seperti bunga lavender.

Hamparan bunga berwarna ungu yang tampak cantik tersebut dapat membuat dokumentasi foto ataupun video lebih memukau. Panorama alam yang wajib Anda lihat ialah hamparan bunga di Oro-Oro Ombo, Ranu Kumbolo, serta bukit-bukit menguning. Gunung Semeru bisa didaki hingga Pos Kalimati selama 8 hingga 10 jam. Sepanjang jalur pendakian sudah tersedia penanda tempat sehingga gunung ini dapat didaki baik oleh pemula dan berpengalaman.

  • Gunung Ijen

Fenomena alam api berwarna biru indah bisa dilihat di salah satu gunung paling indah di Indonesia yakni Gunung Ijen. Gunung ini masih tergolong gunung berapi aktif terletak di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur. Cobalah datang pada bulan Juli agar tidak kehilangan momen-momen mengabadikan fenomena langka api biru atau blue fire tersebut.

Fenomena ini hanya akan terlihat pada dini hari sekitar pukul 01.00 hingga 02.00. Jika Anda tidak ingin kehilangan momen api biru ini, cobalah untuk mendaki lebih awal. Titik awal pendakian Gunung Ijen berada di pos Perlindungan Hutan dan Pelestarian Cagar Alam di Paltuding. Tempat terbaik yang ditawarkan di Gunung Ijen berada di bibir kaldera yakni untuk melihat api biru serta aktivitas para penambang pada malam hari.

  • Gunung Kerinci


Lokasi Gunung Kerinci berada di wilayah Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi. Gunung paling tinggi di Pulau Sumatera ini menawarkan sensasi pendakian di tengah hutan tropis. Dari puncak Gunung Kerinci, Anda dapat melihat Danau Gunung Tujuh yaitu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara, dan juga hamparan pegunungan Bukit Barisan Selatan.

Selain pendakian, Anda dapat menikmati bersantai di area Perkebunan Teh Kayoe Aro yang suda dirintis oleh perusahaan Belanda sejak tahun 1925 dan merupakan salah satu perkebunan teh terluas di dunia. Lama pendakian Gunung Kerinci berkisar antara 12-14 jam. Gunung ini lebih cocok didaki oleh pendaki yang berpengalaman mengingat jalurnya yang cukup panjang dan terjal.

Sebelum Anda mulai mendaki ketujuh gunung indah tersebut, ada baiknya untuk menyimak persiapan pendakian berikut ini, terutama bagi pemula.

  • Kelompok pendakian

Tetapkan terlebih dahulu mengenai pendakian yang akan dilakukan, pendakian sendiri bersama teman atau pendakian massal misalnya open trip atau ikut kelompok pendakian lainnya. Tidak direkomendasikan mendaki gunung seorang diri tanpa adanya orang yang mendampingi.

  • Persiapan fisik

Salah satu hal penting yang seringkali diabaikan oleh sebagian pendaki. Lakukan persiapan fisik setidaknya dua bulan sebelum melakukan pendakian. Olahraga yang cocok sebagai pesiapan pendakian adalah olahraga jenis cardio, misalnya lari. Lakukan secara rutin minimal seminggu 2 kali.

Selain persiapan seperti perlengkapan dasar pendaki yang perlu dibawa, apakah Anda sudah memikirkan tentang asuransi perjalanan? Hal ini juga termasuk sering diabaikan banyak orang. Padahal kegiatan mendaki gunung termasuk salah satu kegiatan ekstrim memiliki banyak risiko berbahaya. Saat ini sudah ada pilihan asuransi perjalanan Indonesia untuk menanggung biaya penggantian risiko meliputi asuransi perjalanan luar negeri maupun asuransi perjalanan domestik.

Salah satu rekomendasi asuransi perjalanan di Indonesia adalah asuransi perjalanan AXA Mandiri, yang menyediakan produk asuransi perjalanan yang memberikan kegunaan utama proteksi mulai dari biaya rumah sakit, biaya pengobatan, dan kecelakaan diri. Kini asuransi perjalanan AXA Mandiri dapat didaftarkan dengan mudah secara online. Pastikan Anda sudah terlindungi dengan baik sebelum memulai pendakian di gunung paling indah Indonesia.

Artikel Terkait :

  1. Waspadai Gejala Usus Buntu Sekarang Juga!
  2. 10 Tanda dan Gejala Sakit Jantung
  3. Hindari Penyakit Ginjal Untuk Masa Depan yang Sehat!
  4. Tips Mudah Menjadi Backpacker Sejati
  5. Kenali Penyakit Katup Jantung Pada Diri Anda!

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00