Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Waspadai Penyebab Ginjal Kronik Ini

6 Juni 2016 |

penyebab ginjal kronik
Setiap manusia memiliki sepasang ginjal dalam tubuhnya, yang berfungsi sebagai organ detoksifikasi dan bagian dari sistem ekskresi tubuh. Jika salah satu ginjal tidak berfungsi optimal saja, maka kesehatan tubuh akan terganggung. Terlebih lagi jika seseorang mengalami kondisi ginjal kronik.

Penyakit ginjal kronik (Chronic Kidney Disease/CKD) ialah kondisi fungsi ginjal yang perlahan mulai menurun dan bersifat permanen. Status CKD akan berubah menjadi gagal ginjal pada saat fungsi ginjal telah menurun hingga mencapai tahap atau stadium akhir. Penyakit ginjal kronik adalah penyakit yang umumnya baru tampak melalui tes urin dan darah. Gejala penyakit yang bersifat umum membuat penderita penyakit ini sebagian besar tidak menyadari gejalanya hingga mencapai stadium lanjut.

Penyebab ginjal kronik
Penyakit ginjal kronik diderita kurang lebih 10% populasi dunia. Tingginya jumlah pengidap diabetes di Asia membuat gagal ginjal lebih umum terjadi pada penduduk Asia. Selain diabetes, hipertensi atau tekanan darah tinggi juga menjadi salah satu penyebab utama terjadinya penyakit ginjal kronik di Asia. Negara Indonesia termasuk ke dalam 10 besar negara di Asia dengan kasus penyakit gagal ginjal tertinggi. Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) beserta Kementerian Kesehatan menemukan bahwa penderita gagal ginjal kronik di Indonesia mencapai 25 hingga 30 juta orang.

Tidak hanya itu, penyebab ginjal kronik juga diasosiasikan dengan penuaan. Semakin tua usia Anda semakin berisiko mengidap gangguan ginjal. Orang lanjut usia mulai dari 60 tahun, cenderung paling berisiko mengidap penyakit ginjal kronik. Satu dari lima pria dan satu dari empat wanita berusia 65 – 74 diperkirakan mengidap gagal ginjal dalam stadium tertentu.

Hal-hal lain penyebab ginjal kronik
Terdapat beberapa kondisi lain yang lebih tidak umum, tetapi juga berisiko menyebabkan penyakit ginjal kronis yakni:
• Gangguan ginjal polisistik, kondisi ketika kedua ginjal berukuran lebih besar dari normal karena adanya pertambahan massa kista. Kondisi ini bersifat genetik atau diturunkan.
• Penyumbatan yang pada umumnya disebabkan batu ginjal atau gangguan prostat.
• Peradangan pada ginjal.
• Infeksi pada ginjal.
• Kegagalan pertumbuhan ginjal pada janin saat dalam kandungan.
• Penggunaan obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, seperti obat anti-peradangan non-steroid (non-steroidal anti-inflammatory drugs / NSAIDs), misalnya aspirin dan ibuprofen.
• Penyakit lupus eritematosus sistemik, yaitu kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang karena mengenali ginjal sebagai jaringan asing.

Bagi sebagian penyakit ginjal kronik dapat menyebabkan ginjal berhenti berfungsi secara total. Kondisi ini biasanya disebut gagal ginjal stadium akhir (established renal failure/ERF). Perawatan cuci darah dapat membantu pengidap ERF supaya tetap hidup, proses kerja perawatan ini menyerupai ginjal buatan. Sebenarnya belum ada obat yang dapat menyembuhkan gagal ginjal. Perawatan terhadap penyakit ginjal kronik biasanya hanya berfokus memperlambat atau menghentikan perkembangan penyakit, serta mencegah munculnya kondisi serius lain. Disarankan bagi penderita untuk selalu rutin berkonsultasi dengan dokter dan sesama penderita supaya tidak semakin menambah beban yang dapat mengubah diri menjadi kondisi stres, hingga akhirnya semakin memperburuk keadaan.

Persiapkan diri Anda dan keluarga untuk proteksi penyakit berisiko tinggi ini, akhiri kekhawatiran dengan solusi biaya perawatan dan pengobatan sejak dini bersama AXA Mandiri. Langkah maju yang diambil terlebih dahulu tentunya akan memberikan lebih banyak manfaat dibandingkan Anda menyesal di kemudian hari.

Artikel Terkait :

  1. Ketahui Beberapa Nutrisi Penting Bagi Wanita Aktif
  2. Tips Kesehatan Tubuh Secara Alami
  3. Ribet Membawa DSLR Saat Liburan? Ikuti Tips Ini!
  4. Hati-hati! Inilah Gejala Pada Disfungsi Sendi Rahang
  5. Asuransi Perjalanan untuk Kenyaman Perjalanan Anda

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00