Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Waspadai Infeksi Mata Akibat Lensa Kontak

3 Pebruari 2016 |

Walaupun lensa kontak dibuat seaman mungkin bagi mata dan dipakai oleh jutaan orang di dunia, tetapi benda kecil dan tipis ini bisa membawa risiko infeksi mata bagi pemakainya. Infeksi yang paling sering terjadi pada penggunaan lensa kontak adalah keratitis, sebuah infeksi pada kornea (semacam kubah bening dan bulat yang melindungi iris dan pupil mata). Keratitis dapat timbul karena beberapa sebab, termasuk herpes, bakteri, jamur, dan mikroba. Keratitis adalah komplikasi yang paling serius bagi pemakai contact lens. Pada beberapa kasus yang termasuk parah, hal ini bisa berujung pada goresan di kornea yang merusak penglihatan, bahkan harus dilakukan transplantasi kornea.

Gejala infeksi akibat lensa kontak dapat termasuk penglihatan agak kabur, mata memerah, timbul rasa sakit pada mata, robek atau lepasnya lensa kontak dari mata, meningkatnya sensitivitas pada cahaya, atau terasa seperti ada yang mengganjal di mata. Penting untuk diingat pula bahwa infeksi mata yang diakibatkan penggunaan contact lens dapat pula mengakibatkan hilangnya sebagian penglihatan, atau bahkan kebutaan.

Beberapa faktor yang menjadi penyebab infeksi pada saat menggunakan lensa kontak, antara lain:

  • Menggunakan lensa extended-wear (lensa kontak yang bisa digunakan saat tidur).
  • Tidur tanpa melepas lensa kontak.
  • Ukuran lensa yang tidak sesuai dengan mata.
  • Kebersihan yang buruk, termasuk perawatan lensa kontak yang tidak sesuai aturan atau menggunakan kembali cairan lensa kontak.
  • Faktor lingkungan, seperti debu, serpihan kulit, atau alergen.

Walaupun bahaya akibat penggunaan benda yang digunakan untuk membantu penglihatan atau untuk bergaya ini tidak selalu terjadi, tetapi tak ada salahnya untuk mencegah sebelum infeksi terjadi. Sangat penting untuk segera melepas lensa kontak setelah timbulnya tanda-tanda tersebut. Kunjungi dokter mata jika gejala tidak reda dalam 1-2 jam untuk mendapat perawatan medis atau bila mata terasa sakit dan memerah disertai pandangan yang kabur, tidak hilang segera setelah Anda melepas lensa kontak. Penggunaan, penyimpanan dan menjaga kebersihan lensa kontak adalah kunci untuk mengurangi risiko infeksi keratitis.

Selain perawatan lensa kontak, Anda juga harus mulai memikirkan untuk memiliki asuransi kesehatan AXA Mandiri agar biaya perawatan medis tidak lagi memusingkan Anda. Asuransi kesehatan dengan kartu merupakan salah satu yang paling mudah dan memudahkan saat akan klaim. Dengan ini, pengobatan Anda akan lebih optimal dan tidak membuat Anda mengeluarkan uang sendiri.

Artikel Terkait :

  1. Mudahnya Membangun Aset Produktif dari Upah Bulanan
  2. Apakah Phobia Hanya Rasa Takut Semata?
  3. Efek Samping Umum Yang Timbul Setelah Berhenti Merokok
  4. Tips Mudah Menjadi Backpacker Sejati
  5. Mari Berlibur Ke Singapura ala Backpacker!

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00