Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Waspadai Gejala Penyakit Alzheimer di Usia Muda

3 Pebruari 2016 |

Banyak yang mengira bahwa Alzheimer hanya bisa diidap oleh para manula, namun penyakit ini juga bisa terjadi pada orang yang berusia cukup muda. Penyakit Alzheimer adalah salah satu turunan demensia, kelainan pada otak yang mengakibatkan penurunan fungsional, yang paling sering ditemui. Penyakit ini memengaruhi memori, pemikiran dan sikap penderitanya, hingga berkembang pada tahap mengganggu aktivitas sehari-hari. Umumnya, penyakit Alzheimer muncul pada manula, tetapi ini juga dapat terjadi pada orang berusia 30 sampai 40-an tahun. Sekitar 5 persen pengidap Alzheimer sebenarnya telah menderita penyakit tersebut sejak usia muda, namun gejalanya belum timbul sampai mereka tua.

Ada dua tipe Alzheimer yang diderita oleh orang yang masih muda, yaitu turunan dan umum. Pada penyakit Alzheimer umum, penderita yang belum termasuk manula ini mengalami gejala dan ciri yang sama dengan orang tua dengan Alzheimer. Sedangkan untuk penyakit Alzheimer yang disebabkan oleh faktor keturunan akan mulai menunjukkan tanda-tanda Alzheimer saat mereka menginjak usia 30-an, 40-an, atau 50-an.

Pada kebanyakan penderita Alzheimer di usia muda, gejala awal yang timbul akan serupa dengan jenis penyakit Alzheimer lainnya, seperti:

  • Menanyakan informasi yang sama berulang kali.
  • Tidak bisa mengingat waktu dan tanggal.
  • Tidak bisa mengingat posisi sekarang dan bagaimana cara sampai di tempat tersebut.
  • Kesulitan telibat dalam perbincangan dan sulit memilih kata untuk suatu hal.
  • Bermasalah pada persepsi mendalam atau masalah penglihatan lain.
  • Sulit untuk memecahkan masalah sederhana, seperti mengikuti panduan pada resep.
  • Melupakan hal penting, terutama informasi yang baru diperoleh atau tangal-tanggal penting.
  • Meningkatnya pengambilan keputusan buruk.
  • Menarik diri dari pekerjaan dan situasi sosial.
  • Meletakkan barang sembarangan namun akan lupa saat membutuhkan barang tersebut.
  • Perubahan kepribadian dan suasana hati.

Untuk saat ini, penyakit Alzheimer yang terjadi pada usia muda belum bisa disembuhkan. Tetapi para dokter telah berhasil membantu para penderita untuk menjaga fungsi mental, mengontrol sikap, dan memperlambat perkembangan penyakit tersebut. Beberapa terapi lain yang dapat berguna bagi pengidap penyakit Alzheimer dini dan mencegah agar penyakit cepat berkembang adalah aktivitas fisik, perawatan kardiovaskuler dan diabetes, antioksidan, dan latihan kognitif.

Saat tanda-tanda awal penyakit Alzheimer diketahui, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter agar diberi penanganan yang tepat. Penyakit ini memang sangat sulit untuk diterima, khususnya jika penderita masih tergolong muda. Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah berpikir positif, tetap aktifdan selalu melatih mental dengan menggunakannya sebisa mungkin. Jangan takut dan percayalah pada dukungan teman dan keluarga. Bergabunglah dengan kelompok yang mengidap hal yang sama, sehingga dapat berbagi pengalaman dan solusi. Penting juga untuk merencanakan keuangan, mencari tahu peluang kerja di tempat sekarang dan di tempat lain yang dapat menerima kondisi Anda, kumpulkan berkas-berkas penting Anda untuk berjaga-jaga saat kondisi Anda memburuk dan tidak sempat mengingat letak dokumen penting dan miliki asuransi.

Asuransi kesehatan AXA Mandiri merupakan pilihan tepat untuk merawat penyakit Alzheimer ini. Asuransi kesehatan di Indonesia yang diberikan mampu memberikan solusi keuangan yang dibutuhkan untuk perawatan dan pengobatan pasien, sehingga mengurangi beban mental yang didapat saat mengetahui penyakit ini diidap oleh orang yang cenderung muda.

Walaupun penyakit Alzheimer tidak memiliki obat untuk menyembuhkannya, Anda bisa memanfaatkan keadaan ini untuk menjaga pikiran dan tubuh agar selalu sehat. Hal ini termasuk menerapkan pola hidup sehat, seperti memakan makanan sehat setiap hari, berolahraga rutin dan bermeditasi untuk mengurangi tingkat stres.

 

Sumber:

www.alz.org

www.alzheimers.co.uk

www.mayoclinic.org

www.fightdementia.org.au

www.webmd.com

Artikel Terkait :

  1. Ketahui Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kuning!
  2. Tips Nyaman Berwisata Ke Hong Kong
  3. Kenali Penyakit Katup Jantung Pada Diri Anda!
  4. Waspadai Gejala Usus Buntu Sekarang Juga!
  5. Hati-hati! Inilah Gejala Pada Disfungsi Sendi Rahang

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00