Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Selalu Waspada Terhadap Ciri-ciri Ginjal Terganggu

23 September 2016 |

waspada-ciri-ciri-ginjal-terganggu
Kesehatan tubuh manusia paling banyak dipengaruhi oleh gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari. Kebiasaan seperti konsumsi makanan yang tidak sehat dan teratur dapat berisiko menumpuk racun dalam organ tubuh. Salah satunya adalah organ ginjal yang mempunyai fungsi menyaring dan mengeluarkan zat dalam tubuh. Apabila fungsi ginjal lama kelamaan semakin menurun, semakin besar juga kemungkinan terjadinya gagal ginjal.

Gejala awal penyakit ginjal tidak kasat mata dan tidak mudah dirasakan, bahkan beberapa penyakit ginjal kronis sering tidak disadari penderita pada tahap awal. Sebelum itu terjadi, selalu waspada terhadap ciri-ciri ginjal terganggu antara lain:

• Ada keluhan rasa sakit pada pinggang
Adanya keluhan rasa sakit pada pinggang biasanya disebabkan jaringan ginjal yang tidak berfungsi atau ada pembengkakan. Rasa sakit bisa terjadi secara tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, selain itu bisa berlangsung dalam waktu lama dan makin lama makin sering.

• Perubahan warna dan struktur urin
Adanya perubahan warna dan struktur urin dari yang normal menjadi tidak normal. Bila terjadi gangguan pada ginjal, yang seharusnya berwarna cerah menjadi kemerahan keruh ataupun kecoklatan. Jika ada protein dalam tubuh yang bocor pada ginjal juga akan menyebabkan urin berbuih dan berbau.

• Buang air kecil disertai darah
Ciri ini dapat ditemui pada saat kebiasaan buang air kecil beberapa penderita sudah lebih parah, urin yang berwarna kemerahan atau kecoklatan lama-kelamaan akan bercampur dengan darah. Jika sudah mengalami hal ini, dibutuhkan perawatan khusus oleh dokter maka dari itu selalu cerdas dalam mengawasi kebiasaan buang air kecil diri sendiri.

• Mudah lelah dan sesak nafas
Ciri-ciri ginjal terganggu selanjutnya adalah mengalami mudah merasa lelah dan sesak napas. Terganggunya fungsi ginjal dalam tubuh akan menyebabkan hormon yang diproduksi ginjal juga berkurang. Hormon tersebut ialah hormon yang membantu membawa oksigen pada sel darah merah atau trombosit ke seluruh tubuh. Ketika trombosit menurun tubuh penderita akan sangat cepat lelah meski tidak melakukan kegiatan yang signifikasn. Pasokan oksigen yang sedikit pada akhirnya menyebabkan sesak napas.

• Pembengkakan pada kaki dan bagian tubuh lain
Tugas ginjal yang terganggu biasanya akan menimbulkan tidak lancarnya aliran darah. Pada beberapa bagian tubuh tertentu, terutama kaki, lengan, atau bahkan wajah akan terjadi pembengkakan. Cairan yang tidak bisa diproses ginjal akan mengisi ruang dalam tubuh, syaraf-syaraf pada kaki dan bagian tubuh tersebut yang paling rentan terserang ketika adanya penyakit atau masalah di dalam ginjal.

• Demam tinggi
Demam bisa dikatakan sebagai reaksi paling jelas terlihat pada tubuh manusia ketika terjadi proses yang tidak berjalan normal pada tubuh. Kandungan cairan dan berbagai zat tidak seimbang dalam tubuh akan menimbulkan kenaikan suhu tubuh yang tinggi, selain itu kotoran dalam darah juga membawa mikroorganisme penyebab penyakit.

• Mual dan muntah
Demam tinggi pada penderita, bisa disertai dengan rasa mual dan muntah yang hebat. Biasanya pencernaan terkontaminasi oleh berbagai penyakit akibat ginjal yang terganggu. Rasa mual dan muntah ini mirip seperti gejala penyakit pencernaan lain pada umumnya jadi sering tidak disadari bahwa ini adalah gejala penyakit ginjal.

Anda bisa saja menemukan ciri-ciri ginjal terganggu pada anggota keluarga atau bahkan diri sendiri, sebaiknya mulai memeriksakan kondisi ginjal pada spesialis neurologi terpercaya. Ingatlah selalu untuk mendapatkan perlindungan menyeluruh dalam jaminan kesehatan Anda hingga tuntas.

Artikel Terkait :

  1. 3 Tujuan Wisata Untuk Valentine di Selandia Baru
  2. 5 Penyebab Penyakit Jantung Koroner
  3. Cara Mengelola Keuangan Bersama Anak
  4. Pemula dalam Traveling? Perhatikan Hal Berikut Ini!
  5. Inilah Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00