Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Tips Mudah Menikmati Masa Pensiun yang Indah

22 Pebruari 2017 |

Apabila direncanakan dengan baik, masa pensiun dapat menjadi masa yang produktif, serta membahagiakan. Maka rencanakan dengan baik strategi Anda dapat tetap menjalani gaya hidup sehat dengan standar yang sama atau mungkin bahkan lebih tinggi dari yang sekarang. Adapun persiapan aspek finansial, fisik dan emosional perlu dilakukan agar Anda sejahtera.

Tips menikmati masa pensiun yang indah
Sebagian besar orang sering khawatir mengenai kecukupan dana untuk pensiun, khususnya untuk biaya kesehatan. Oleh karena itu, persiapan dana pensiun justru sudah harus dimulai begitu Anda mulai bekerja.

Berikut ini adalah sejumlah cara mempersiapkan diri demi masa pensiun yang indah.

  • Menghitung biaya hidup saat pensiun
    Berapa biaya yang Anda butuhkan setiap bulan untuk bisa hidup nyaman setelah berhenti bekerja? Sebagian orang hanya menabung tanpa mengetahui seberapa besar kebutuhan per bulan, sehingga ternyata tabungannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masa pensiun nanti. Beberapa perusahaan memberikan fasilitas bagi karyawan untuk menabung dana pensiun. Bila tidak, Anda dapat memanfaatkan produk dana pensiun dari bank atau asuransi jiwa. Misalnya saja asuransi jiwa AXA Mandiri yang menyediakan berbagai fitur perlindungan finansial terjamin untuk anak dan cucu Anda. Premi yang lebih terjangkau selama Anda usia produktif akan memberikan keuntungan lebih di masa pensiun nantinya.
  • Merencanakan gaya hidup di masa pensiun
    Bayangkan dari sekarang cara Anda menjalani aktivitas harian ketika sudah tidak bekerja untuk merancang anggaran biaya di masa pensiun. Anggaran tersebut tidak harus tinggi, misalnya beberapa cara berikut untuk meminimalisasi pengeluaran.
    1) Konsumsi makanan bernutrisi. Makan makanan sehat tidak harus mahal. Sayur dan buah segar lokal yang lebih banyak dijual saat musimnya biasanya lebih terjangkau dibandingkan buah impor. Menanam sayuran sendiri juga bisa menjadi aktivitas menyenangkan sekaligus menguntungkan.
    2) Berolahraga secara teratur. Anda tidak perlu membayar biaya keanggotaan ratusan ribu tiap bulan di pusat kebugaran. Cukup berjalan kaki dan bersepeda bersama teman bisa menjadi pilihan aktivitas menjaga tubuh tetap bugar sekaligus saling memotivasi. Anda juga dapat bergabung dengan komunitas ataupun perkumpulan lansia dengan jadwal rutin olahraga senam.
    3) Manfaatkan potongan harga. Manfaatkan potongan harga khusus untuk lansia yang diberikan oleh berbagai institusi. Misalnya saja potongan harga untuk bepergian dengan transportasi kereta api jarak jauh.
  • Cek kesehatan secara berkala
    Jangan sampai serangan penyakit membuat Anda tidak dapat menikmati hari tua. Deteksi potensi gangguan kesehatan sedini mungkin. Beberapa tes kesehatan yang mungkin akan disarankan dokter ketika usia Anda memasuki 50-an, antara lain berat badan, tekanan darah, kadar kolesterol dan gula dalam darah, pemeriksaan awal untuk mengecek potensi kanker, dan lain sebagainya.
  • Menjaga Kesehatan Emosi
    Tak sekadar dari segi finansial dan fisik, persiapan perlu dilakukan secara emosional agar Anda tidak menjadi stres setelah pensiun. Mulailah rencanakan kegiatan yang telah lama Anda dambakan sehingga masa pensiun menyenangkan. Selain itu, melatih mental sama pentingnya dengan melatih fisik Anda. Membaca, bermain kartu, menonton sepak bola merupakan beberapa kegiatan yang dapat menjaga kesehatan otak, serta ketajaman ingatan Anda. Ditambah lagi, bergabung dengan komunitas keagamaan dapat menjadikan jiwa Anda tenang, sekaligus memberikan kesempatan untuk berkumpul dan berdiskusi dengan orang lain.

Setiap orang punya impian tersendiri akan masa pensiun. Lakukan beberapa tips di atas agar Anda lebih menghargai tujuan dan makna hidup hingga di kemudian hari. Agar tidak perlu memikirkan biaya yang berkaitan dengan kesehatan atau keselamatan jiwa, Anda dapat menggunakan Asuransi Mandiri Perlindungan Sejahtera – Solusi Dana Hari Tua yang mampu melindungi Anda dan pasangan hingga beranjak tua.

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00