Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Tips Mengelola Keuangan Bagi Pasangan Baru Menikah

3 Pebruari 2016 |

Saat menikah, Anda tidak hanya menyatukan diri dengan pasangan, keluarga, tapi juga hal yang berkaitan dengan keuangan. Ini adalah yang terpenting dan harus Anda perhatikan selama kehidupan rumah tangga berjalan. Sangat penting juga untuk mengetahui berapa banyak uang yang dapat dihasilkan oleh Anda dan pasangan dan bagaimana cara mengelola uang untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dalam masalah ini, Anda berdua harus sepakat dalam mengeluarkan uang untuk suatu keperluan, karena jika salah satu tidak setuju, bukan tidak mungkin akan timbul pertengkaran. Berikut adalah tips yang berguna bagi Anda para pasangan yang baru menikah dalam mengelola keuangan.

Diskusikan bersama

Jika Anda tidak membicarakan bagaimana mengelola keuangan Anda dan pasangan secara serius sebelum menikah, maka sekaranglah saatnya. Uang yang Anda miliki, yang dikeluarkan, utang, dan pendapat mengenai investasi adalah hal yang harus dibicarakan. Dengan kata lain, segala hal yang berhubungan dengan keuangan keluarga harus transparan dan selalu bicarakan dengan pasangan. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindarinya, yaitu:

  • Buat daftar pendapatan, pengeluaran, aset, dan utang, termasuk cicilan kartu kredit yang telah ada jauh sebelum Anda menikah.
  • Diskusikan kepemilikan aset, apakah milik bersama atau masing-masing.
  • Tentukan cara menyelesaikan masalah keuangan, seperti utang sampai investasi, dan rencanakan tabungan hari tua.
  • Susun strategi menyimpan uang dan memakainya secara bersama-sama.
  • Lunasi utang-utang Anda dan pasangan terlebih dahulu sebelum merencanakan hal yang lebih besar, seperti membeli kendaraan atau rumah.
  • Tentukan anggaran pengeluaran minimal tiap bulan agar tidak memakai uang berlebihan untuk hal-hal yang tidak begitu diperlukan dan sediakan dana darurat.

Tentukan tujuan bersama

Dikarenakan hampir setiap hal yang dilakukan pasangan memerlukan uang, tentukan tujuan yang paling penting bagi kehidupan rumah tangga, seperti rumah, kendaraan, liburan, atau rencana masa pensiun. Anda harus bekerja sama untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan dan tentunya masih bisa dijangkau, serta tidak melebihi pemasukan. Hitung dengan cermat saat ingin membeli rumah, jangan sampai cicilan perbulan membuat kebutuhan sehari-hari Anda dan pasangan tidak terpenuhi.

Miliki asuransi

Saat memulai sebuah keluarga, Anda harus mengetahui pentingnya asuransi untuk melindungi diri sendiri dan anggota keluarga, hingga perlindungan aset yang dimiliki seperti rumah dan kendaraan. Selain memberikan perlindungan, asuransi jiwa AXA Mandiri juga dapat memberikan ketenangan finansial bagi keluarga yang ditinggalkan. Jika Anda bekerja di sebuah perusahaan, biasanya Anda mendapatkan asuransi dari kantor dan tidak jarang semua anggota keluarga juga mendapatkannya.. Walaupun demikian, tidak ada salahnya jika Anda menambah daftar produk asuransi kesehatan yang Anda miliki agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Disamping itu, biaya premi asuransi kesehatan, khususnya AXA Mandiri juga dapat disesuaikan dengan penghasilan bulanan. Oleh karena itu, asuransi jiwa AXA Mandiri dinilai lebih terjangkau dari produk sejenis lainnya.

Artikel Terkait :

  1. Waspadai Infeksi Mata Akibat Lensa Kontak
  2. Berlibur Saat Hamil? Mengapa Tidak!
  3. Waspadai Gejala Penyakit Alzheimer di Usia Muda
  4. Mari Berlibur Ke Singapura ala Backpacker!
  5. Tips Mudah Menjadi Backpacker Sejati

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00