Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00

DPLK AXA Mandiri
Klik Disini

Temukan Kebutuhan Anda

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Tips Membebaskan Diri dari Perilaku Konsumtif

22 Pebruari 2017 |

Setiap orang memang mempunyai kecenderungan untuk membeli tanpa pertimbangan, terutama jika barang yang akan dibeli dianggap bagus dan baru. Setiap pembelian barang baru, ternyata dapat berdampak baik jika fitur atau keunggulan yang ada pada barang tersebut memang yang Anda perlukan. Namun, disisi lain apabila terus mempunyai keinginan untuk memiliki barang terbaru, bisa jadi Anda menjadi satu dari sekian banyak orang yang memiliki perilaku konsumtif.

Padahal, barang lama maupun baru memiliki perbedaan yang sedikit. Hal demikian, dapat dianggap tidak masuk akal, terutama alasan Anda membeli barang baru bukan hanya karena kebutuhan, melainkan hanya hasrat semata. Maka dari itu, perencanaan yang matang perlu disusun agar apa yang diinginkan sudah sepatutnya menjadi yang benar-benar diperlukan.

  • Tetapkan Prioritas
    Ketika Anda mendapat tawaran serta informasi tentang barang baru, cobalah untuk tidak terburu-buru dalam memutuskan untuk membelinya. Bila ponsel Anda masih cukup dalam menunjang kegiatan komunikasi, sebaiknya menunggu dulu. Ditambah Anda tidak mempunyai rencana untuk mengganti ponsel di waktu dekat. Fokuskanlah anggaran untuk hal-hal yang menjadi prioritas. Apabila masih ada tagihan cicilan rumah, jadikan hal itu sebagai prioritas. Jangan habiskan uang dalam sekejap dalam membeli ponsel yang baru dan sedang menjadi tren.
  • Berpikir Realistis
    Umumnya, mempunyai barang baru hanya didasarkan pada keinginan. Bukan mengacu pada keperluan untuk mempunyai barang tersebut. Berpikirlah realistis saat Anda membeli barang baru. Bila ponsel Anda masih 3G padahal yang dibutuhkan mendukung aktivitas adalah 4G, lakukanlah pembelian ponsel baru. Dengan demikian, tidak perlu rasanya membeli ponsel yang hasil potretnya bagus, namun Anda sendiri jarang memotret. Selalu berpikir realistis dengan apa yang telah Anda rencanakan agar tidak jatuh pada perilaku konsumtif. Terlebih tujuan membeli ponsel karena Anda tidak mau kalah dengan orang lain.
  • Ubah Pola pikir
    Ubahlah pola pikir Anda pada suatu barang, dengan menjadikannya sebagai alat yang memang digunakan dan bukan untuk dipamerkan. Sebab pada akhirnya, status sosial yang Anda peroleh bukan berasal dari ponsel, melainkan dari tingkah laku, serta pemikiran Anda. Bicara mengenai kepuasan, hendaknya Anda hanya memikirkan yang memang menjadi prioritas, seperti pelunasan utang-utang, menabung atau asuransi jiwa AXA mandiri untuk mengantisipasi risiko terburuk dan merencanakan masa depan keuangan yang lebih baik nanti.
  • Hindari Penggunaan Kartu Kredit
    Kenyataannya, kartu kredit dapat membuat Anda menjadi berperilaku konsumtif dengan berbelanja berlebihan bahkan untuk barang-barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Praktis, mudah dan gengsi menjadi iming-iming yang terjadi pada psikologis manusia, terutama yang hidup di perkotaan. Tanpa disadari, iming-iming itu justru menjerumuskan secara finansial, karena pemakaiannya akan dibebani dengan tagihan sebesar dana yang digunakan plus bunga. Rasa nyaman hanya terasa ketika menggunakannya, namun ketika datang tagihan, barulah akan menyadarinya banyaknya pengeluaran yang sebenarnya tidak perlu.
  • Kurangi Jalan-jalan
    Jika melakukan jalan-jalan terus-menerus, maka lama-lama akan menguras kantong Anda. terutama apabila Anda berjalan-jalan di pusat perbelanjaan yang berpotensi menimbulkan niat belanja yang tidak terduga dan terencana. Saat melihat suatu barang yang berdiskon di toko, bisa jadi Anda langsung tertarik dan segera ingin membelinya meskipun tak ada rencana untuk membelinya dalam daftar belanja yang dibuat.

Itulah beberapa tips membebaskan Anda dari perilaku konsumtif agar keuangan Anda menjadi lebih baik. Jika Anda termasuk seorang yang berperilaku konsumtif, sangat dianjurkan jika tips ini diterapkan sebelum Anda mengalami kebangkrutan.

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2020 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00