Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Tips Kesehatan Mata Khusus Untuk Anda

3 June 2016 |

tips kesehatan mata

Kita terkadang sering lupa untuk merawat dan menjaga kesehatan mata. Padahal mata termasuk dalam panca indera terpenting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, kita tidak dapat melihat keindahan dunia, serta wajah orang-orang terdekat kita. Jika Anda tidak ingin mengalami gangguan pada mata, pastikan untuk mengikuti tips kesehatan mata seperti di bawah ini:

1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran
Wortel sarat akan vitamin A dan beta karoten yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata. Kedua kandungan tersebut merupakan antioksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi kemampuan mata.
2. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam
Jangan pernah menggunakan lensa kontak lebih dari 19 jam secara terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada mata Anda, hingga kerusakan mata permanen. Begitu pula dengan kacamata, istirahatkan sejenak mata Anda bagi pengguna kacamata.

3. Kurangi penggunaan tetes mata
Mengurangi pemakaian obat tetes mata. Sebenarnya menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah diperbolehkan, namun sebaiknya hanya sesekali dan bila diperlukan saja. Jika berlebihan malah akan merusak kesehatan mata Anda. Ikuti selalu anjuran dokter bila Anda menggunakan obat tetes mata.

4. Pakailah kacamata hitam pelindung UV


Sinar UV dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata. Kacamata yang baik mampu mencegah hal ini. Ketika membeli kacamata, pastikan yang dapat memantulkan paling tidak 98% radiasi UV. Gunakan juga lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Melalui cara ini Anda bisa melawan paparan langsung dari sinar matahari.

5. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer
Demi menjaga kesehatan mata, Anda sebaiknya mencoba untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer, sebab bisa membuat mata lelah. Sedangkan untuk antisipasi mengurangi sinar yang menyilaukan dan radiasi yang dipancarkan layar monitor, sebaiknya gunakan filter glass monitor.

6. Jangan membaca dalam cahaya redup
Hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang mampu menyebabkan ketegangan pada mata. Jika mata mulai lelah, berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat. Cahaya yang terlalu terang juga tidak baik. Arah cahaya yang terbaik jika Anda bekerja menggunakan komputer adalah melalui lampu meja bercahaya lembut yang diarahkan dari samping. Kurangi tingkat terang (brightness) monitor yang terlalu tinggi.

7. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai
Anda dapat mencoba untuk memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda kemudian sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini sampai beberapa kali. Cara lainnya yaitu pada posisi duduk, tempatkan siku di pinggul, dan tutup mata dengan telapak tangan Anda. Jauhkan telapak tangan yang menutupi mata Anda selama 10 detik. Buka mata Anda dan ulangi seperlunya.

8. Istirahatkan mata Anda
Hampir semua orang merasakan mata mereka menjadi tidak nyaman seusai duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, hingga menyebabkan mata jadi kering. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah menutup mata Anda dan menghitung sampai 5 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh. Lakukan kegiatan ini selama beberapa menit setiap 30 menit.

Mata yang sehat merupakan dambaan setiap orang. Aktivitas sehari-hari akan selalu nyaman dijalani berkat mata sehat. Semoga mata Anda tetap sehat dan selalu terjaga dengan berbagai tips kesehatan mata tersebut.

Artikel Terkait :

  1. Amannya Berlibur Dengan Biro Perjalanan Wisata Hongkong
  2. Backpacker Wanita Perlu Tahu Hal Penting Ini!
  3. 5 Pertanda Teknologi Telah Menguasai Anda
  4. Tips Nyaman Berwisata Ke Hong Kong
  5. Tips Agar Bisa Membeli Rumah di Usia Muda

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00