Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Perlengkapan Penting Pelindung Tubuh Saat Berkendara

22 Pebruari 2017 |

Pelindung Tubuh Saat Berkendara

Perlengkapan pelindung tubuh sangat penting saat mengendarai sepeda motor. Sebab, ketika Anda menjelajah atau balapan memakai motor trail, risiko terjatuh atau kecelakaan kecil lebih besar dibandingkan mengendarai motor biasa. Jalur dengan medan yang tidak biasa seperti jalanan yang licin kerena lumpur atau tanjakan yang tidak rata bisa menyebabkan Anda terjatuh, sehingga menyebabkan cidera ringan bahkan berat jika Anda tidak menggunakan perlengkapan khusus motor trail.

Maka dari itu, lindungilah bagian vital tubuh Anda dari risiko cidera terutama di bagian kepala, sebab bisa saja mata yang terkena lumpur atau kerikil kecil akan sangat mengganggu kosentrasi Anda dalam berkendara. Pastikan Anda mengetahui perlengkapan perlindung tubuh saat berkendara berikut:

  1. Kaus Kaki Panjang
    Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu, dengan memakai kaus kaki panjang, hal tersebut berfungsi untuk melindungi kaki dari cedera akibat gesekan kaki dengan sepatu bot. Di samping itu, kaus kaki juga bersungsi sebagai penyerap keringat pada kaki, sebab udara yang terdapat di dalam sepatu bot cukup panas.
  1. Pelindung Lutut
    Perlindungan tubuh yang tidak kalah pentingnya, yaitu menggunakan pelindung lutut. Pelindung lutut umumnya terbuat dari bahan plastik keras dan dilengkapi dengan karet pengikat yang bisa melingkar di seputar lutut. Pelindung lutut berfungsi untuk melindungi lutut Anda dari risiko cidera jika Anda terjatuh saat berkendara.
  2. Celana Khusus
    Celana khusus bagi pengendara sepeda motor trail biasanya berbahan kanvas yang memungkinkan udara bisa dengan mudah keluar masuk. Celana ini biasanya dilengkapi dengan bantalan yang terdapat di area lutut bagian dalam, paha bagian luar dan pinggang. Celana khusus ini biasanya akan lebih tahan terhadap gesekan dan lebih susah terkoyak jika dibandingkan dengan celana biasa. Pilihlah celana yang pas pada tubuh Anda agar lebih nyaman saat dipakai.
  3. Pelindung Dada
    Pelindung dada umumnya terbuat dari plastik keras dan dilengkapi dengan bantalan khusus pada bagian-bagian tertentu. Pelindung dada berfungsi melindungi tulang rusuk, punggung bagian atas dari benturan dengan stang kemudi, batu dan tanah yang terpental dari arah depan yang bisa menyebabkan cidera yang serius, jadi penting perlengkapan yang satu ini untuk Anda gunakan saat berkendara.
  4. Helm
    Pilihlah kualitas helm yang tepat, sebab helm adalah perlengkapan pelindung tubuh yang paling penting ketika berkendara. Hal itu sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai pelindung pusat syaraf yang sangat rentan terhadap benturan keras. Pakailah helm khusus pengendara motor trail, umumnya helm jenis ini dilengkapi dengan pet yang berfungsi untuk melindungi mata Anda dan muka dari silau akibat sinar matahari, helm jenis ini juga memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dalam menyempurnakan pernafasan ketika sedang berkendara. Pilihlah helm yang mempunyai ukuran yang cocok dengan kepala Anda agar nyaman dan tidak mudah lepas pada saat berkendara akibat terlalu longgar.
  5. Sarung Tangan
    Perlengkapan pelindung tubuh berkendara yang terakhir adalah sarung tangan, yang berfungsi untuk melindungi tangan kotoran dan keringat saat sedang menempel. Pilihlah sarung tangan yang elastis, serta nyaman sarung tangan khusus motor trail biasanya dilengkapi pada pelindung yang terbuat dari plastik keras di bagian atasnya. Pastikan juga setiap penguncinya terpasang dengan baik sebelum berkendara.

Selain dengan menerapkan beberapa pelindung tubuh saat berkendara seperti di atas, saat berkendara sangat rentan seseorang mengalami kecelakaan. Namun, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan mempersiapkan diri dengan asuransi kesehatan, kecelakaan, hingga asuransi jiwa AXA Mandiri agar Anda dapat mengatasi segala risiko dalam berkendara yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait :

  1. Ciri-ciri Gejala Sakit Jantung Mulai Menyerang
  2. Rasakan Bedanya Berlibur dengan Kapal Pesiar!
  3. Penyebab Penyakit Jantung Iskemik dan Cara Mencegahnya
  4. 7 Langkah Menuju Kulit Lebih Sehat dan Awet Muda
  5. Inilah Jenis-jenis Asuransi yang Anda Butuhkan

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00