Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tetap Fit

16 September 2016 |

menjaga-kesehatan-tubuh-agar-tetap-fit
Upaya utama yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dan senantiasa dapat beraktivitas adalah menangkal berbagai jenis penyakit. Penerapan gaya hidup dan perilaku kurang sehat meningkatkan risiko Anda terserang berbagai penyakit ringan hingga berat yang bisa menyebabkan kematian.

Sebenarnya tidak perlu memikirkan obat terlebih dahulu, karena mudah saja mendapatkan kesehatan tubuh secara alami. Ternyata dalam menjaga kesehatan tubuh hanya diperlukan kesadaran akan betapa pentingnya nilai kesehatan itu sendiri. Apabila Anda sudah paham betul mengenai hal tersebut, tentu melakukan langkah-langkahnya tidaklah susah.

Beberapa tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit dapat Anda lihat seperti di bawah ini:

1. Minum Air Putih
Air putih adalah sebutan untuk air mineral atau air tawar oleh masyarakat umumnya, yaitu air matang atau air yang telah disterilkan sampai layak untuk diminum. Ada baiknya air putih ini diminum dengan tanpa mengandung campuran apa pun. Konsumsilah air putih minimal 1,5 sampai 2 liter sehari atau kurang lebih 8 hingga 10 gelas mampu membantu kebugaran tubuh seseorang. Sementara mengenai kecukupan konsumsi air putih ini lebih baik lagi disesuaikan dengan aktivitas Anda, sebab masing-masing orang berbeda.

2. Berpikir Positif
Cara yang cukup signifikan dan bisa dibilang merupakan kunci penting menjaga kesehatan tubuh ialah dengan selalu berpikiran positif. Pikiran yang muncul dalam diri manusia diiringi serangkaian reaksi biokimia. Pikiran dan sikap yang positif dapat meningkatkan kadar nitrogen monoksida, hal ini membantu pencapaian sistem saraf yang seimbang dan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Olahraga teratur
Meskipun nasihat untuk berolahraga secara teratur selalu banyak disampaikan di setiap kesempatan. Akan tetapi masih saja kebanyakan orang tidak menjalaninya karena kebanyakan masih memiliki pemahaman bahwa olahraga butuh waktu khusus, tempat yang khusus, serta berbagai hal yang sulit untuk diterapkan. Padahal, olahraga rutin yang dimaksud bisa berupa olahraga sederhana seperti jalan kaki. Berjalan kaki dipercaya sebagai olahraga yang paling sederhana namun berefek positif cukup besar untuk kesehatan, sebab dapat membakar lemak, membantu merampingkan perut buncit dan efektif membantu mengatasi masalah obesitas.

4. Konsumsi makanan sehat
Ada beragam makanan sehat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, yang paling penting makanan tersebut harus mengandung nutrisi tinggi, bahan alami dan steril. Adapun syarat tambahan untuk makanan sehat adalah makanan yang mengandung senyawa zat antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan sebaiknya masuk dalam daftar menu yang harus dikonsumsi setiap hari misalnya sayur bayam, tomat, apel, dsb. Hal ini demi mewujudkan kesehatan tubuh agar senantiasa segar bugar dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit degeneratif.

5. Menjaga kebersihan tangan
Tangan merupakan kontak pertama manusia dengan berbagai jenis hal. Walaupun terkesan sepele namun bibit penyakit paling mudah melakukan kontaminasi yang berawal dari kedua tangan Anda. Terutama selama musim pancaroba, Anda perlu lebih sering membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir supaya bebas dari virus dan bakteri.

6. Stabilkan emosi
Kesehatan tubuh bisa direfleksikan dengan emosi yang sedang dialami oleh seseorang. Ungkapan perasaan yang menunjukkan emosi seperti bahagia atau sedih, marah, cemas, kecewa dan yang lainnya direspon oleh organ tubuh. Penjelasan yang paling mungkin tentang dampak sekaligus pengaruh emosi terhadap kesehatan seorang manusia ialah tingkat stres yang dialami bisa menjadi pemicu radikal bebas dalam tubuh, jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu panjang bisa menjadi sumber penyakit.

7. Istirahat teratur
Poin tips kesehatan tubuh yang terakhir yaitu istirahat teratur, ini tidak semata mengenai frekuensi dan jumlah seberapa lama Anda istirahat, namun lebih terhadap tingkat kualitas istirahat yang Anda terapkan. Istirahat total atau tidur berkualitas berperan penting terhadap kesehatan tubuh seseorang. Istirahat atau tidur berkualitas cukup dan teratur dalam sehari semalam dipercaya memiliki peranan terhadap kestabilan produksi berbagai macam hormon dalam tubuh. Keadaan kurang tidur bisa berdampak terhadap munculnya penyakit hipertensi dan diabetes.

8. Rawat kesehatan mulut dan gigi
Selain kebersihan tangan, mulut manusia merupakan hal kedua yang paling sering melakukan kontak terutama dengan berbagai makanan yang masuk dalam tubuh. Biasakan untuk rajin menyikat gigi dua kali sehari, atau sehabis makan. Sebagai perlindungan tambahan Anda dapat menggunakan obat kumur. Kurangnya kesehatan mulut dan gigi dapat berakibat periodontitis (peradangan jaringan sekitar mulut), hal ini bisa membawa Anda pada penyakit lebih serius seperti diabetes dan penyakit jantung.

9. Pemeriksaan diri secara berkala
Pemeriksaan keseluruhan tubuh secara rutin masih sering diabaikan oleh sebagian besar orang. Padahal justru medical check-up ini bisa menjadi usaha pencegahan paling baik dalam melihat kemungkinan adanya penyakit yang menyerang, sehingga diagnosa dan pengobatannya bisa dilakukan sejak awal. Mulailah miliki asuransi kesehatan yang terpercaya supaya bisa membantu biaya kesehatan Anda.

Persiapkan perlindungan kesehatan diri dan keluarga sejak dini
Di era serba modern seperti saat ini semuanya menjadi serba mahal, termasuk mahalnya biaya perawatan dan pengobatan. Tidak ada yang bisa memprediksi waktu Anda atau keluarga tersayang harus mengalami jatuh sakit atau musibah lainnya. Semakin terpaparnya manusia dengan lingkungan yang tidak sehat, mahalnya biaya pengobatan, dan besarnya risiko kesehatan mendasari timbulnya perlindungan seperti asuransi kesehatan.

Beberapa asuransi kesehatan seperti asuransi kesehatan keluarga yang memberikan manfaat biaya harian rawat inap, konsultasi dokter spesialis, tindakan bedah, rawat jalan, layanan ambulans, cuci darah, dan lain sebagainya. Fitur tersebut disesuaikan dengan kesepakatan pengguna asuransi dengan perusahaan asuransi Anda. Asuransi kesehatan sedikit berbeda dengan asuransi penyakit kritis, yang biasanya memberikan santunan tunai apabila mengidap penyakit kritis tertentu. Namun ada juga beberapa perusahaan asuransi yang menawarkannya sekaligus seperti asuransi kesehatan AXA Mandiri.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Proteksi
Seiring bertambahnya anggota keluarga dan usia yang terus beranjak dewasa, tentunya kebutuhan pokok keluarga Anda tentu semakin banyak. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda memiliki perencanan keuangan yang baik, salah satunya dengan memindahkan beban biaya kesehatan kepada perusahaan asuransi, misalnya dengan memiliki asuransi kesehatan anak AXA Mandiri. Apabila biaya kesehatan anak Anda belum di tanggung oleh perusahaan tempat Anda bekerja, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan biaya yang diperlukan karena asuransi tersebut akan membantu membiayai kebutuhan pengobatan si kecil.

Tabungan Kesehatan
Adanya asuransi kesehatan bisa menjadi tabungan kesehatan Anda melalui pembayaran premi secara rutin yang dilakukan dalam periode tertentu. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk Anda kelak ketika risiko kesehatan menimpa. Misalnya melalui fasilitas mudah biaya asuransi kesehatan AXA Mandiri yang bisa dilakukan dengan cara otodebit rekening maupun otodebit kartu kredit. Sebagian besar tabungan bisa saja habis untuk keperluan yang tidak penting, alhasil justru kebutuhan pokok seperti kesehatan terlupakan.

Itulah tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit. Cegah penyakit masuk ke dalam tubuh, serta alihkan risikonya sekarang juga.

Artikel Terkait :

  1. Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Bebas Stres
  2. Mari Bantu Anak Meraih Kesuksesan di Masa Depan!
  3. 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Tetap Jernih dan Sehat
  4. Berbagai Penyebab Penyakit Jantung Lemah serta Gejalanya
  5. Tips Cerdas Mendapatkan Tiket Pesawat Ke Luar Negeri

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00