Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

3 Oktober 2016 |

cara-mudah-menjaga-kesehatan-mata
Tidak sedikit orang yang sering lupa untuk merawat kesehatan mata. Padahal, kehadiran mata termasuk dalam lima indra paling penting dalam tubuh manusia. Tanpa mata, Anda tidak bisa melihat keindahan dunia apalagi wajah orang-orang terdekat Anda. Pastikan panca indra penglihatan Anda tetap sehat seiring dengan bertambahnya usia. Terdapat 10 cara menjaga kesehatan mata terbaik yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran
Mungkin Anda sudah banyak yang tahu bahwa wortel sarat akan beta karoten yang mampu membantu dalam menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan beta karoten merupakan zat antioksidan berguna dalam mengurangi risiko degenerasi makular atau daerah pusat retina. Konsumsi pula apel, pepaya, bayam, sawi, dan lain sebagainya.

2. Kurangi penggunaan tetes mata
Segera kurangi kebiasaan pemakaian obat tetes mata. Sebenarnya menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun sebaiknya hanya sesekali jika diperlkan. Apabila berlebihan, justru meningkatkan risiko akan merusak kesehatan mata Anda.

3. Hindari memakai lensa kontak
Dianjurkan untuk tidak memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam. Kebiasaan ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada mata Anda bahkan kerusakan mata permanen. Sebaiknya kurangi pula memakai kacamata terlalu lama.

4. Kompres kelopak mata
Manfaatkan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Letakkan irisan mentimun agak tebal dan dingin di atas kelopak mata selama 10-15 menit sebelum tidur di malam hari sebagai upaya mencegah mata bengkak dan membuatnya lebih rileks.

5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV
Dianjurkan menggunakan lensa yang terpolarisasi rekomendasi ahli mata, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Bila Anda keluar rumah dalam kondisi yang terik, kacamata hitam pelindung UV ini diperlukan untuk mencegah paparan dari sinar matahari yang dapat mengganggu kesehatan mata.

6. Pakailah alat pelindung mata di lokasi tertentu
Selalu pastikan untuk memakai kacamata atau jenis pelindung mata lainnya pada saat Anda bekerja atau berada di lokasi sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

7. Hindari duduk terlalu lama di depan layar komputer
Dianjurkan untuk tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer untuk menjaga kesehatan mata. Istirahatkan mata Anda setiap 30 menit menatap layar komputer dengan cara mengalihkan pandangan ke jarak jauh.

8. Hindari membaca dalam cahaya redup
Saat membaca, usahakan cahaya cukup dan tidak redup untuk menjaga kesehatan mata. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan ketegangan mata terutama jika dilakukan dalam waktu lama. Jika mata Anda sudah terasa lelah, berhenti dahulu sementara waktu dan beristirahat.

9. Jangan melihat cahaya yang terlalu terang
Hindari melihat cahaya yang terlalu terang secara langsung. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, sebab dapat merusak mata Anda. Terlebih lagi sinar ultraviolet yang berbahaya dapat merusak penglihatan seketika.

10. Olahraga mata
Cobalah untuk fokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, lalu obyek yang agak jauh. Ulangi hingga beberapa kali. Cara kedua yaitu duduk, tempatkan siku di pinggul, tutup mata dengan telapak tangan Anda. Selanjutnya jauhkan telapak tangan tersebut selama 10 detik. Buka kembali mata Anda dan ulangi secukupnya.

Terapkan 10 cara tersebut demi menjaga kesehatan mata Anda lebih lama. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati. Rawatlah mata Anda karena tanpanya Anda tidak akan bisa melihat indahnya dunia.

Artikel Terkait :

  1. Mudahnya Membangun Aset Produktif dari Upah Bulanan
  2. Gejala Sakit Jantung Bengkak dan Langkah Mencegahnya
  3. Penyebab Penyakit Jantung Iskemik dan Cara Mencegahnya
  4. Seluk Beluk Memilih Asuransi Sesuai Kebutuhan
  5. Berbagai Penyebab Penyakit Jantung Lemah serta Gejalanya

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00