Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Sesuai Tipe Kulit Anda

23 September 2016 |

menjaga-kesehatan-kulit-anda

Kulit merupakan  bagian terluar dari tubuh manusia, hal ini menjadikan kulit sebagai pelindung utama bagi tubuh terhadap sentuhan lingkungan luar secara langsung. Maka dari itu kondisi kulit mencerminkan kesehatan tubuh Anda. Kulit merupakan salah satu gerbang utama masuknya penyakit ke dalam tubuh dan menjadi penanda adanya penyakit tertentu. Mari Anda simak beberapa informasi mengenai jenis dan beberapa cara menjaga kesehatan kulit berikut.

Jenis kulit pada umumnya dapat dibedakan menjadi: kulit normal, berminyak, kering, dan sensitif. Sebagian orang juga memiliki kombinasi jenis kulit pada area tubuh yang berbeda-beda. Perbedaan jenis ini biasanya disebabkan oleh kandungan minyak, kandungan air, tingkat kepekaan kulit yang berbeda pula pada setiap orang. Jenis kulit Anda dapat berubah seiring dengan bertambahnya usia, perubahan lingkungan sekitar, pergantian cuaca, atau pengaruh penyakit.

Bagi kulit normal

Kulit normal memiliki cara perawatan paling mudah di antara jenis lain. Namun Anda tetap harus rajin melindungi kesehatan kulit dengan cara mengoleskan pelembab sepanjang hari. Pilihlah produk yang mengandung moisturizer berbahan dasar air yang terasa ringan dan tidak lengket.

Bagi kulit kering

Kulit kering relatif memiliki risiko menjadi keriput dan terbakar sinar matahari. Sebaiknya bagi pemilik kulit kering setidaknya dua kali sehari mengoleskan pelembab kulit memiliki bahan dasar minyak mengandung sun protection factor (SPF) terutama setelah mandi.

  • Disarankan untuk menggunakan sabun dengan kandungan yang ringan tanpa bahan dasar alkohol yang dapat membuat kulit semakin kering.
  • Tidak baik terlalu sering mencuci kulit wajah atau tubuh sebab dapat menyapu minyak alami yang membuat kulit tetap sehat. Selain itu, lebih baik mandi dengan air dingin dibandingkan dengan air hangat untuk mencegah kulit semakin kering.
  • Pakailah pembersih yang mengandung alpha hydroxy acid (AHA). Kandungan AHA dalam kadar tertentu mampu membantu pengupasan sel kulit mati.
  • Pilihlah pelembab dengan kadar moisturizerlebih tinggi dan mengandung hyaluronic acid, dimethicone, lanolin, glycerin, propylene glycol, dan Bahan-bahan tersebut dapat menjaga kelembaban kulit.

Bagi kulit berminyak

  • Bagi Anda yang memiliki kulit berminyak harus menghindari produk berbahan dasar minyak atau alkohol. Pilihlah produk dengan bahan dasar air.
  • Seusai kulit dibersihkan, oleskan moisturizerbebas minyak setiap malam hari.
  • Gunakan pembersih yang memiliki kandungan beta hydroxy acid (BHA) untuk membantu mencegah bertumpuknya minyak pada pori-pori kulit.

Bagi kulit sensitif

Bila kulit Anda tergolong sensitif, disarankan untuk menghindari pelembab yang beraroma atau mengandung parfum untuk mencegah iritasi.

  • Pilihlah produk berlabel hypoallergenic atau khusus bagi kulit sensitif dan berbahan dasar alami. Kulit sensitif bisa jadi kurang cocok dengan produk yang mengandung AHA dan BHA.
  • Gunakan produk yang mengandung kurang dari 10 bahan. Makin sedikit bahan yang digunakan, potensi terjadinya kerusakan kulit bisa dikurangi.

Jangan lupa untuk selalu minum cukup air dan konsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti pepaya ataupun semangka untuk menjaga kadar air dalam tubuh. Sebab air putih baik bagi sel-sel kulit dalam menyerap nutrisi dan membersihkan racun. Akan lebih baik lagi untuk meminimalisir penggunaan bahan kimia bagi kulit yang dapat mempercepat kerusakan. Kenali dengan baik jenis kulit Anda supaya dapat menerapkan cara-cara menjaga kesehatannya dengan tepat.

Artikel Terkait :

  1. Umrah Pertama Kali, Jangan Lupakan Hal-Hal Berikut
  2. Apa itu Biro Perjalanan Wisata Online?
  3. Gejala Sakit Jantung Bengkak dan Langkah Mencegahnya
  4. 7 Gejala Jantung Sakit Penting untuk Diketahui
  5. Tips Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tetap Fit

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00