Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Terapkan Cara Menjaga Kesehatan Gigi Yang Benar

3 June 2016 |

: cara menjaga kesehatan gigi

Gigi adalah salah satu organ penting manusia yang berguna untuk memotong dan menghancurkan makanan supaya dapat dicerna dan ditelan dengan baik. Bila Anda malas menjaga kesehatan gigi dan melakukan perawatan gigi maka akan mengakibatkan gigi tidak sehat, hingga memiliki risiko berlubang. Kalau sudah begini, makan pun akan terasa tidak enak. Oleh sebab itu, Anda perlu menerapkan beberapa cara menjaga kesehatan gigi sebagai berikut:

1. Sikat gigi dua kali sehari
Jangan pernah remehkan pesan singkat yang mungkin sudah Anda dengar sejak kecil ini. Menyikat gigi di pagi hari bertujuan untuk menjaga kebersihan mulut, sedangkan menyikat gigi di malam hari memiliki tujuan untuk selalu menjaga kesehatan gigi Anda. Menggunakan sikat gigi berbulu lembut juga dapat membantu Anda menjaga kebersihan mulut. Anda juga dapat setidaknya berkumur dengan menggunakan air untuk menghilangkan sisa makan dari mulut.

2. Flossing sebelum sikat gigi
Flossing merupakan tindakan pembersihan gigi dengan menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel hingga ke sela gigi. Dengan demikian proses menyikat gigi akan lebih efektif dan kuman, serta sisa makanan bisa dibersihkan.

3. Perhatikan teknik menyikat gigi Anda
Terapkan teknik yang benar dalam menyikat gigi, disarankan untuk meliputi gerakan atas-bawah serta permukaan gigi hingga membersihkan bagian dalam gigi Anda. Gantilah sikat gigi Anda setiap 3-4 bulan untuk menjaga kesehatan gigi yang baik. Pastikan sikat gigi Anda tetap dalam posisi tegak setelah selesai menyikat.

4. Gunakan obat kumur
Seusai menyikat gigi, disarankan untuk menggunakan cairan pembersih mulut. Berkumur terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan plak dan bakteri dari dalam mulut. Plak bisa menghasilkan asam penyebab gigi berlubang yang bila dibiarkan dapat mengganggu gusi. Akhirnya, tidak hanya gigi yang bermasalah, tapi juga gusi Anda.

5. Konsumsi makanan sehat
Lakukan diet seimbang termasuk biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, hingga produk susu yang membantu memberikan nutrisi penting dan dapat mengurangi radang gusi. Hindari makanan kaya gula dan makanan yang dapat menempel di celah gigi Anda seperti permen, kue dan keripik. Hal ini disebabkan oleh bakteri di dalam mulut yang dapat memecah gula dan menghasilkan asam yang dapat mengikis enamel gigi.

6. Berhenti merokok
Salah satu hal yang turut berkontribusi dalam pembentukan plak pada gigi adalah rokok. Merokok mampu mengubah mulut menjadi ruang berkembang biak yang sangat baik bagi bakteri. Dua zat di dalam rokok, yakni nikotin dan tar sangat berpotensi menggerogoti gusi, serta membuat gigi menjadi kuning dan kehitaman. Risiko mengalami kanker mulut juga bisa meningkat akibat bahan kimia pada tembakau.

7. Periksa kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter
Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali, terutama jika Anda memiliki masalah gigi atau penyakit gusi. Hal ini akan membantu dalam mendiagnosa dan mengobati masalah gigi pada tahap awal, sehingga menghindari risiko kerusakan atau penyakit gigi yang lebih buruk.

Sebenarnya, cara menjaga kesehatan gigi tidak sulit jika Anda memang benar-benar menyadari pentingnya organ tersebut untuk diri Anda. Meskipun kecil namun kesehatan gigi mampu mempengaruhi kesehatan organ penting lainnya.

Artikel Terkait :

  1. Amannya Berlibur dengan Biro Perjalanan Wisata Asia
  2. Rasakan Bedanya Berlibur dengan Kapal Pesiar!
  3. Ketahui Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kuning!
  4. Hati-hati! Inilah Gejala Pada Disfungsi Sendi Rahang
  5. Trik Menggunakan Kartu Kredit Saat Berlibur Ke Luar Negeri

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00