Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Cara Efektif Untuk Menjaga Fungsi Otak Besar

3 Oktober 2016 |

menjaga-fungsi-otak-besar
Otak besar menjadi salah satu organ tubuh yang amat penting untuk manusia. Bagaimana tidak, bagian yang terdapat di dalam otak besar bisa memungkinkan seseorang untuk menyimpan kenangan, berpikir, mengendalikan gerakan tubuh, dan masih banyak lagi. Otak besar terbagi atas dua bagian, yang pastinya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Otak besar bagian kanan memiliki peranan untuk memecahkan masalah, dalam hal ingatan, penalaran serta perhatian. Sedangkan fungsi dari otak besar kiri yaitu untuk kemampuan bahasa seseorang.

Kedua fungsi dari otak besar ini harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Caranya juga tidaklah sulit, baik dengan cara mengonsumsi makanan sehat ataupun dengan melakukan kegiatan yang dapat melatih fungsi otak. Berikut sejumlah cara untuk menjaga fungsi otak besar:

1. Bermain Permainan Asah Otak
Untuk menjaga serta mengasah kemampuan otak, pilih permainan yang tidak hanya menghibur namun juga membantu Anda dalam menjaga fungsi otak besar selalu sehat. Lakukanlah jenis permainan seperti sudoku, puzzle ataupun teka-teki silang. Dengan permainan seperti ini, bisa menjaga serta meningkatkan kemampuan Anda dalam hal berpikir. Agar kemampuan Anda terus terasah, pilihlah jenis permainan yang mempunyai tingkatan kesulitan yang cukup kompleks. Apabila Anda telah merasa cukup untuk menguasai permainan itu, gantilah dengan permainan yang lebih rumit lagi.

2. Latihlah Daya Ingat Anda
Kemampuan untuk mengingat adalah salah satu fungsi otak besar sebelah kanan. Demi meningkatkan atau menjaga kemampuannya, hal yang perlu untuk Anda lakukan yaitu dengan melatih daya ingat. Seperti dengan menggambar peta atu denah di lokasi yang baru Anda ketahui atau buatlah daftar jadwal hal yang perlu Anda lakukan selama satu hari, setelah itu cobalah untuk mengingatnya.

3. Terus belajar
Dengan belajar, tidak hanya bisa untuk memperluas pengetahuan Anda serta meningkatkan kemampuan saja. Namun, juga dapat menjadi salah satu cara dalam meningkatkan kemampuan berpikir pada otak besar Anda. Cobalah untuk memperlajari bahasa asing, maka semakin banyaknya kosakata yang Anda tabung, maka risiko Anda dalam mengalami penurunan kemampuan kognitif akan berkurang.

4. Perbanyaklah Membaca
Membaca dapat menjadi jendela dunia untuk Anda dan bisa meningkatkan fungsi otak besar Anda. Untuk itu, mulailah untuk perbanyak membaca buku. Dengan begitu, Anda bisa belajar kata-kata baru, yang pastinya baik untuk kesehatan otak Anda. Tidak hanya itu, dengan membaca juga dapat memperlambat serangan alzheimer dan demensia.

Makanan Untuk Otak
Setelah Anda mencoba untuk melakukan beberapa tips yang bisa meningkatkan kemampuan otak Anda, sekarang saatnya untuk memberikan makanan pada otak Anda agar kebutuhan nutrisi bisa terpenuhi dengan baik dan kemampuannya juga meningkat.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan serta asam lemak omega 3 seperti kacang-kacangan, sayuran, buah dan juga ikan. Sebab, di dalam ikan mengandung asam lemak omega 3 antara lain ikan salmon dan ikan sardin. Asam lemak ini dapat mengurangi inflamasi otak, meningkatkan fungsi otak besar, menjaga tingkat kolestrol dalam darah, serta menurunkan tekanan darah.

Magnesium juga dipercaya bisa meningkatkan fungsi otak besar. Sebab, magnesium bisa membantu dalam penyampaian pesan di otak. Untuk itu, demi menjaga serta meningkatkan fungsi otak besar, Anda bisa mencoba beberapa tips di atas dan janganlah lupa untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi untuk otak Anda. Agar ketika menghadapi masa lanjur, ketajaman serta kesehatan otak tetaplah terjaga.

Artikel Terkait :

  1. Mari Berlibur Ke Singapura ala Backpacker!
  2. Aman Liburan Dengan Biro Perjalanan Wisata Ke Turki
  3. Merencanakan Liburan dengan Biro Perjalanan Tiket Pesawat
  4. Apa itu Biro Perjalanan Wisata Online?
  5. Waspadai Penyebab Ginjal Kronik Ini

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00