Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran Bebas Stres

16 September 2016 |

menenangkan-hati-dan-pikiran
Setiap orang memiliki masalah masing-masing, baik dari masalah kecil sampai besar yang kemungkinan dapat membuatnya tertekan karena terus memikirkan masalah tersebut. Risiko terburuk yang bisa menimpa adalah membuat kejiwaan dapat terganggu. Meski masalah yang dihadapi sepele, jika masalah tersebut terus menumpuk akibatnya ketenangan hati Anda akan terganggu dan bisa menjadi stres, bahkan memengaruhi aktivitas sehari-hari. Sebelum membahas tentang cara menenangkan hati dan pikiran agar terhindar dari stres, Anda perlu memahami kondisi stres itu sendiri.

Bagaimana seseorang bisa disebut dalam kondisi stres?
Stres merupakan kondisi seseorang merasa kalut disebabkan oleh jiwa dan pikiran terfokus pada permasalahan yang tengah dihadapi, berusaha mencari solusi tetapi merasa buntu. Dengan adanya beban ini, orang tersebut perlu bertindak, menyesuaikan, serta mengontrol segala hal agar seimbang. Sebenarnya kondisi stres termasuk reaksi yang normal akibat adanya tekanan hidup, namun harus tetap dijaga agar tidak semakin parah.

Pada saat kecemasan berlebihan akibat beban pikiran, Anda mungkin akan sulit berpikir jernih, terkadang berharap solusi instan dan ajaib datang dan bisa memecahkan persoalannya seketika. Tetapi tentu saja datangnya solusi bukan selalu sesuatu yang bersifat ajaib seperti uang yang jatuh dari langit, ataupun persoalan tiba-tiba selesai tanpa sebab. Kerap kali solusi itu berupa ide atau berbagai peluang yang perlu ditindaklanjuti. Tetapi dalam keadaan stres, ide atau peluang-peluang tersebut cenderung tidak terlihat karena tertutup oleh emosi negatif yang mendominasi diri.

Penyebab dan proses terjadinya stres
Suatu penelitian mengungkapkan penyebab stres di berbagai belahan dunia yang paling umum antara lain masalah keuangan, masalah di tempat kerja, hubungan pribadi, kesehatan, hingga masalah sehari-hari. Pada dasarnya stres bisa terjadi disebabkan respon otak kepada tubuh untuk melepaskan hormon berlebih menghadapi suatu situasi. Tujuan utama pelepasan hormon ini dimaksudkan agar tubuh mempunyai energi cukup untuk bertindak atau menghadapinya.

Cara menenangkan hati dan pikiran bebas stres

Tentu saja mudah mendengarkan nasihat bijak yang menyatakan untuk tetap tenang dan berpikir jernih. Tetapi akan sulit terwujud jika Anda belum menerapkan beberapa cara berikut ini:

  • Bebaskan Diri dengan Hobi
    Cara paling mudah untuk menenangkan hati yaitu melakukan hobi. Sejak dulu hobi merupakan suatu kegiatan yang dipercaya dapat menenangkan pikiran seseorang. Tujuannya adalah untuk memperoleh kesenangan, sehingga menjadi hiburan tersendiri bagi pikiran dan jiwa Anda. Bahkan, dengan melakukan hobi mampu membuat seseorang menjadi bersemangat seusai melakukan aktivitas yang melelahkan. Secara umum, hobi terbagi menjadi beberapa macam yakni:

    1. Membuat, misalnya seperti kegemaran membuat tulisan (menulis), makanan (memasak), gambar (melukis atau menggambar), ilustrasi, dan lain sebagainya.
    2. Mengoleksi, misalnya seperti kegemaran mengumpulkan perangko (filateli), buku, barang antik, dan lain sebagainya.
    3. Bermain, misalnya seperti kegemaran bermain sepak bola, catur, menunggang kuda, dan lain sebagainya.
    4. Memperbaiki, misalnya seperti kegemaran menjahit atau merajut, merangkai bunga, otomotif, dan lain sebagainya.
    5. Wawasan, misalnya seperti membaca, belajar bahasa asing, mengajar, dan lain sebagainya.
  • Meditasi Sehat
    Melakukan kegiatan meditasi merupakan hal yang dapat mengatasi stres sebab dapat membersihkan pikiran hingga mampu membuat seseorang lebih berkonsentrasi. Kondisi ini bisa terjadi karena meditasi mampu membuat pernapasan lebih teratur, tekanan darah dan detak jantung menjadi normal, sehingga mampu menurunkan kadar hormon stres yang sebelumnya terus dipompa oleh kelenjar adrenalin. Di samping itu, melakukan meditasi ampuh untuk membantu proses penyembuhan saat tubuh sedang sakit.
  • Komunikasi Mengurai Pikiran Kusut
    Berkomunikasi seperti berbagi cerita tentang beban hidup atau permasalahan kepada seseorang sangat baik demi mengurangi beban yang dialami dan mengatasi stres. Tak hanya itu, bercerita kepada keluarga ataupun teman membuka kemungkinan untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang tertutup sangat rentan mengalami stres dibandingkan orang yang membuka diri dan sering berkomunikasi mengenai masalahnya dengan orang lain.
  • Luangkan Waktu untuk Mandi atau Berendam
    Kegiatan sederhana layaknya mandi atau berendam memiliki efek yang baik dalam mengatasi stres, sebab ampuh untuk penyembuhan hingga penenangan diri. Adanya stimulus dari suasana ini mengingatkan kembali tubuh dan pikiran seseorang pada suasana kala berada di rahim, sehingga memberikan aspek ketenangan dan kenyamanan bagi tubuh. Mandi atau berendamlah dengan menggunakan air hangat di bath tub agar lebih efektif.
  • Lakukan Kegiatan Olahraga
    Olahraga ternyata mampu membantu meredakan emosi negatif seperti stres pada diri seseorang, karena olahraga mampu melepaskan hormon serotonin yang berperan menjadikan seseorang merasa senang. Mental Health Foundation, organisasi kesehatan non-profit di Inggris telah membuktikan bahwa olahraga sangat baik untuk mengobati depresi. Beberapa di antaranya yaitu jalan sehat, lompat tali, menari, berenang, atau berbagai jenis olahraga outdoor.
  • Liburan
    Cara yang baik lainnya untuk menghindari lingkungan negatif. Oleh sebab itu, rekreasi merupakan kegiatan yang sangat efektif pula dalam mengatasi stres. Lakukanlah bersama keluarga agar lebih menyenangkan. Selain itu, dengan meluangkan waktu untuk berlibur juga ampuh untuk menghilangkan stres, sebab Anda nantinya dapat membuat suasana hati lebih relaks.
  • Tidur
    Inilah salah satu cara yang cukup efektif untuk menghilangkan stres serta dapat meningkatkan produktivitas. Di sisi lain, beristirahat atau tidur minimal selama 8 jam yang dilakukan setiap malam mampu meremajakan tubuh hingga siap beraktivitas di hari selanjutnya. Tidur teratur juga memiliki manfat lain antara lain memperbaiki tubuh, membuat seseorang lebih bersemangat, memperbaiki kualitas hidup, hingga meningkatkan memori.

Dapatkan manfaat asuransi jiwa di Indonesia

Hati dan pikiran perlu senantiasa dijaga agar terbebas dari kondisi stres. Jika dibiarkan saja, lama kelamaan kondisi stres bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti obesitas, infeksi, depresi, hingga kanker. Saat ini Anda pun harus mempunyai asumsi tentang kematian yang mendadak, walaupun itu tidak Anda harapkan. Asumsi ini diperlukan dalam menentukan kebutuhan asuransi jiwa saat ini juga untuk keluarga maupun kerabat yang akan Anda tinggalkan.

Di samping itu, Anda juga harus mempertimbangkan kebutuhan keuangan jangka panjang bagi anggota keluarga Anda, misalnya saja biaya kesehatan untuk anak atau istri. Sebagai contohnya anggota keluarga Anda mengidap penyakit yang membutuhkan biaya perawatan serta pengobatan yang besar, biaya pendidikan, adanya utang di bank, serta biaya tak terduga lainnya yang dapat Anda perkirakan sebelum menentukan polis asuransi jiwa yang sesuai.

Dapatkan berbagai manfaat biaya pertanggungan dalam asuransi jiwa AXA Mandiri sebagai solusi bagi perlindungan jiwa Anda. Bukan tidak mungkin karena AXA Mandiri memiliki jaringan yang luas dengan premi asuransi jiwa AXA Mandiri lebih terjangkau. Selain fitur lengkapnya, pilihan seperti asuransi jiwa keluarga dan asuransi jiwa untuk karyawan telah tersedia. Berikan proteksi jiwa terbaik keluarga Anda saat ini juga.

Artikel Terkait :

  1. Cara Mengelola Keuangan Bersama Anak
  2. 4 Tips Nyaman Wisata Ke Luar Negeri
  3. 5 Penyebab Penyakit Jantung Koroner
  4. Trik Menggunakan Kartu Kredit Saat Berlibur Ke Luar Negeri
  5. Tips Mudah Menjadi Backpacker Sejati

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00