Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

7 Langkah Menuju Kulit Lebih Sehat dan Awet Muda

3 Oktober 2016 |

kulit-lebih-sehat-dan-awet-muda
Terlepas dari apa pun jenis dan warnanya, kulit merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan harus dirawat. Bagian paling luar tubuh yang bersifat lentur dan lembut ini memiliki fungsi yang tidak dapat disepelekan. Kulit melindungi organ dalam tubuh dari unsur-unsur eksternal seperti suhu, bahan kimia, debu, maupun sinar ultraviolet dari matahari. Di samping itu, kulit juga berfungsi untuk menampung air, mencegah infeksi, serta memproduksi protein esensial serta vitamin.

Bagian-bagian pada kulit
Kulit manusia terdiri dari tiga lapisan. Pertama, lapisan paling luar yang biasa dilihat oleh mata biasa disebut epidermis atau lapisan luar. Kedua, di bawahnya terdapat lapisan tengah atau dermis. Ketiga, lapisan terdalam biasa disebut hipodermis atau lapisan lemak di bawah kulit. Setiap lapisan memiliki tugas dan fungsi yang berbeda antara satu lapisan dengan lapisan lainnya.

Epidermis paling sering terpapar sinar ultraviolet matahari. Fungsi dari epidermis sendiri yaitu memberikan pigmen dan menghasilkan sel-sel kulit baru sebagai ganti sel-sel yang telah mati. Sementera dermis atau lapisan tengah merupakan lapisan yang mengandung reseptor sentuhan, serta rasa sakit seperti pembuluh darah, folikel rambut, elastin dan kolagen. Terakhir, lapisan terdalam kulit atau hipodermis terdiri dari lemak dan kolagen untuk menyerap goncangan dan melindungi organ-organ internal.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit yang Benar
Kulit seseorang dapat mengalami bercak merah kasar, kering, berkerut, bahkan rusak. Oleh sebab itu, perlindungan serta perawatan pada kulit menjadi penting bagi semua warna dan jenis kulit. Berikut ini sejumlah cara menjaga kesehatan dengan benar:

• Hindari air panas dan sabun bahan kimia keras
Para ahli kesehatan menganjurkan agar tidak menggunakan air panas saat membersihkan kulit. Sebaiknya gunakan air hangat suam kuku agar kelembapan kulit tetap terjaga. Di samping itu, gunakan sabun yang lembut, perhatikan kandungan sabun dengan bahan dasar air lebih banyak.

• Sesuaikan kosmetik dan produk perawatan dengan jenis kulit
Sesuaikan kosmetik yang Anda pakai dengan jenis kulit Anda. Hindari memaksakan produk yang tidak cocok karena akan berdampak buruk bagi kulit. Secara umum kosmetik berbahan dasar air cocok untuk kulit berminyak, sementara kosmetik berbahan dasar minyak cocok untuk kulit kering.

• Bersihkan make up
Khususnya bagi Anda para wanita, usahakan untuk selalu membersihkan make up Anda sebelum tidur. Jangan tidur dalam keadaan wajah penuh make up sebab dapat menumpuk kotoran di dalam lapisan kulit bahkan menghambat oksigen yang turut menjaga kelembabannya sehingga kesehatan kulit terganggu.

• Konsumsi air teratur
Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air, konsumsi air putih minimal 8 gelas per hari akan memberikan manfaat penting bagi tubuh secara keseluruhan. Konsumsi air secara teratur juga dapat membuat kulit Anda terasa lebih segar dan lebih kencang.

• Konsumsi makanan sehat
Tingkatkan mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah yang kaya akan kandungan vitamin A, B, C dan E yang terbaik untuk tubuh serta kulit. Misalnya buah apel, jeruk, bayam, dan masih banyak lagi. Jangan lupa pula untuk melengkapinya dengan susu yang mampu mencegah jerawat pada kulit.

• Istirahat cukup
Tidurlah selama 7-8 jam pada waktu malam secara teratur. Mengistirahatkan tubuh sesuai waktu dan porsinya, memberikan banyak manfaat bagi tubuh termasuk pada kulit agar tetap terasa kencang anti penuaan dini.

Orang yang berkulit gelap dengan banyak pigmen seperti di Indonesia lebih tahan akan sinar matahari dan mempunyai risiko lebih kecil akan serangan kanker kulit. Maka dari itu, jagalah kesehatannya dengan cara-cara tersebut.

Artikel Terkait :

  1. Inilah Jenis-jenis Asuransi yang Anda Butuhkan
  2. Ketahui Beberapa Nutrisi Penting Bagi Wanita Aktif
  3. Tips Berlibur Menggunakan Biro Perjalanan Wisata Malaysia
  4. Cara Mengelola Keuangan Bersama Anak
  5. 10 Tanda dan Gejala Sakit Jantung

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00