Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00

DPLK AXA Mandiri
Klik Disini

Temukan Kebutuhan Anda

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Konsumsi Beberapa Hal Ini untuk Atasi Tidur Mendengkur

22 February 2017 |

Memiliki kebiasaan mendengkur bukanlah sebuah hal yang menyenangkan. Bukan hanya mengganggu kualitas tidur Anda, orang-orang yang ada di sekeliling Anda pun akan sangat terganggu. Terlebih lagi, kebiasaan mendengkur bahkan dapat mendatangkan masalah yang lebih besar lagi dari sisi kesehatan. Adanya dengkuran terus menerus saat Anda tertidur sebenarnya adalah alarm tanda bahaya bagi kesehatan.

Bahaya mengabaikan kebiasaan mendengkur
Orang dengan kebiasaan mendengkur mempunyai risiko lebih besar mengalami penebalan arteri karotis (pembuluh darah yang menyalurkan darah menuju otak dan kepala) dibandingkan dengan perokok, orang obesitas, atau bahkan yang memiliki kadar kolesterol tinggi sekali pun. Apabila dinding pembuluh darah ini mengalami penebalan, bisa menjadi awal malapetaka dari berbagai penyakit pembuluh darah lainnya.

Di samping itu, mendengkur telah lama diketahui menjadi tanda dari sleep apnea atau kondisi henti nafas saat tidur. Sleep apnea terjadi akibat sempitnya saluran nafas, sehingga meskipun dada naik turun berusaha bernafas, tidak ada udara yang mampu mengalir. Hal ini mengakibatkan oksigen akan turun sepanjang malam. Para pakar kesehatan sudah menyatakan bahwa sleep apnea merupakan penyebab utama penyakit jantung, hipertensi, diabetes, impotensi hingga stroke.

Hilangkan kebiasaan mendengkur sekarang juga
Jangan remehkan risiko mendengkur yang dibiarkan lama kelamaan bagi kesehatan. Cobalah menghilangkan kebiasaan mendengkur dengan mengonsumsi sejumlah makanan berikut ini.

Madu

Sejak dahulu ada kebiasaan para penyanyi opera untuk mencampurkan madu ke dalam teh yang akan mereka minum sebelum tidur. Minuman racikan tersebut berguna untuk menjadikan tenggorokan lebih lega. Madu memiliki manfaat menghilangkan dahak yang sering menyumbat tenggorokan. Kebiasaan mendengkur umumnya timbul karena adanya pembengkakan pada tenggorokan dan bisa diobati dengan cara meminum madu secara teratur.

Susu Kedelai

Apabila Anda mendengkur disebabkan alergi terhadap susu sapi, beralihlah pada susu kedelai untuk mengatasi kebiasaan mendengkur yang mengganggu. Apakah Anda tahu? Alergi terhadap laktosa susu sapi dapat menimbulkan gangguan mendengkur dari tingkat yang ringan hingga yang parah. Hal tersebut termasuk menyumbat saluran pernapasan dan akhirnya menimbulkan kebiasaan mendengkur.

Minyak Zaitun

Gantilah minyak yang Anda gunakan untuk mengolah makanan sehari-hari dengan jenis minyak zaitun. Kandungan lemak yang ada di dalamnya pada umumnya lebih aman untuk lambung Anda. Menggunakan mentega atau minyak yang mengandung lemak jenuh berbahaya cenderung menimbulkan penyakit maag kambuh di malam hari. Gangguan pada saluran pencernaan dapat membuat Anda mendengkur saat tidur.

Teh
Pada dasarnya jenis the apa pun mampu membantu Anda untuk mengurai penumpukan dahak yang ada di tenggorokan. Teh herbal seperti teh hitam, teh hijau, chamomile, ataupun campuran teh dengan perasan lemon atau madu memiliki khasiat membantu Anda dalam mengatasi dengkuran karena saluran tenggorokan yang tersumbat.

Bagi penderita gangguan mendengkur yang parah, harus melakukan pemeriksaan oleh dokter dan menemukan penyebab utamanya terlebih dahulu. Setelah ditemukan baru bisa diambil langkah perawatan yang sesuai untuk kondisi setiap pendengkur. Biasanya menggunakan CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) yakni berupa sebuah alat yang dihubungkan ke hidung lewat masker, atau operasi (oral appliances). Untuk menjamin kesehatan Anda, gunakan asuransi kesehatan AXA Mandiri yang bisa membantu dalam pembiayaan perawatan medis. Dengan asuransi kesehatan ini, Anda dapat mendapatkan pertolongan dari dokter dan terbebas dari bahaya mendengkur saat tidur.

AXA Mandiri

Harga Unit

IHSG Naik +1.07% – 03 Juli 2020

Market Update

Disclaimer & Ownership. Copyright 2020 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00