Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

10 Manfaat Tanaman Porang Untuk Penyakit Kritis

8 November 2019 |

Video mantan pemulung yang beromzet miliaran karena tanaman porang di dunia maya saat ini sedang viral. Tanaman dengan nama latin Amorphopallus Muelleri itu kini banyak diburu oleh pengusaha asal Jepang, Cina dan Korea. Kandungan tanaman porang bernama Konjac Glucomannan (KGM) dan teksturnya mirip seperti tepung. Konjac Glucomannan diperkaya oleh beberapa zat seperti karbohidrat, serat, dan zat lainnya yang bersifat antikoksidan hingga antiinflamasi.

Selain memang digunakan sebagai bahan baku kosmetik dan makanan, setidaknya ada 11 manfaat lain dari tanaman porang tersebut. Beberapa malah bermanfaat mencegah dan mengatasi penyakit kritis. Simak manfaatnya yang dikutip dari laman situs dokter sehat.

Sumber: Tirto.id

Memperlancar Sembelit dan Cegah Kanker Usus

Kandungan serat dalam tanaman porang efektif membantu melunakkan feses dan memperlancar pergerakan usus agar feses tersebut mudah dikeluarkan. Serat memang berperan penting dalam merawat kesehatan sistem pencernaan dan mencegahnya dari berbagai penyakit termasuk kanker usus. Manfaat tanaman porang untuk mengatasi sembelit dan mencegah kanker usus tersebut berdasarkan hasil penelitian yang dirilis oleh Journal of the American College of Nutrition pada tahun 2008.

Bantu Program Diet

Lagi-lagi kandungan serat pada porang disebut-sebut dapat membantu program diet karena mampu berikan efek kenyang lebih lama. Selain itu, sebuah studi yang dirilis pada tahun 2005 lalu menyatakan jika mengonsumsi suplemen glucomannan yang terbuat dari tanaman porang efektif untuk membakar sekitar 1200 kalori. Jadi selain perbanyak buah dan sayuran, tak ada salahnya memasukan porang ke dalam menu diet yang sedang kita jalani.

Usir Jerawat

Penelitian yang dirilis oleh American Journal of Dermatology and Venereology pada tahun 2013 menjelaskan, kandungan Glucomannan pada porang bermanfaat untuk merawat kulit. Walaupun masih memerlukan studi lanjutan, porang memiliki potensi menghilangkan jerawat dan merawat kulit secara keseluruhan.

Bantu Sembuhkan Luka

Manfaat kandungan Glucomannan ternyata juga terbukti efektif mempercepat proses penyembuhan luka. Glucomannan akan membantu mengoptimalkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Walaupun masih belum bisa dikatakan kuat karena objek penelitian masih menggunakan hewan.

Atasi Radang

International Journal of Biological Macromolecules pada tahun 2016 menyinggung perihal peran kandungan Konjac Glucomannan (KGM) pada tanaman porong. Hasilnya, kandungan tersebut pada tanaman porang membawa dampak positif memebantu mengatasi peradangan.

Cegah dan Atasi Diabetes

Tahun 2015, Journal of Bioactive Carbohydrates and Dietary Fibre merilis tanaman porang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi diabetes. Berdasarkan hasil penelitian, mengonsumsi porang dengan American Ginseng dapat mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh, utamanya para penderita diabetes tipe 2 (diabetes mellitus). Selain itu, kandungan serat pada porang yang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama sedikit banyak membantu Anda untuk mengontrol frekuensi makan sehingga kadar gula darah tetap stabil.

Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu gejala penyakit kritis (stroke) yaitu tekanan darah tinggi ternyata dapat dicegah dengan memasukkan porang dalam menu sehat sehari-hari. Walaupun masih belum dapat dibuktikan seberapa efektif, manfaat porang salah satunya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Kadar Kolesterol Terkendali

Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat memang sangat sulit untuk dihindari. Mengingat jenis kolesterol ini berasal dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari terutama dari jenis asupan berlemak. Nah, Journal of American Clinical Nutrition pada tahun 2008 menyebutkan bahwa kandungan glucomannan pada porang efektif untuk menjaga kadar kolesterol tetap ideal.

Meminimalisir Risiko Penyakit Kritis (Jantung dan Stroke)

Saat takanan darah dan kadar kolesterol jahat terkendali dengan manfaat tanaman porang. Sebenarnya sudah cukup untuk mencegah penyakit kritis seperti jantung dan stroke. Apalagi kadar serat tinggi yang juga ada pada tanaman porang sudah lama disetujui dapat merawat organ jantung dan mencegah dari penyakit.

Detoksifikasi

Bagi masyarakat Tiongkok, tepung porang sudah sejak lama dan dipercaya sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Salah satu tujuan penggunaan porang adalah untuk detoksifikasi. Akan tetapi, belum ada bukti ilmiah yang secara khusus meneliti tentang hal ini sehingga klaim manfaat porang untuk detoksifikasi belum bisa dikatakan kuat.

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00