Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Hati-hati dengan Ciri Gejala Sakit Jantung yang Samar

23 September 2016 |

hati-hati-gejala-sakit-jantung

Bila Anda memiliki riwayat masalah jantung di dalam keluarga, tentunya Anda akan lebih waspada dan pasti lebih rutin melakukan pemeriksaan medis sedini mungkin ke dokter spesialis. Namun bagaimana dengan ciri gejala sakit jantung yang samar menyerupai penyakit biasa dan tidak ada keturunan kelainan jantung? Gejala tersebut seringkali diabaikan dan susah dikenali, padahal bisa menjadi berkembang hingga menyebabkan sakit jantung yang serius. Hati-hati dengan ciri gejala sakit jantung berikut ini.

Jantung berdetak tidak teratur
Terjadinya detak jantung yang tidak teratur, bisa lebih cepat hingga muncul rasa berdebar-debar atau justru ritme yang menurun dan menjadi lebih lambat. Kadang ritme jantung berdetak tidak dalam ketukan yang normal dan teratur seperti naik dan turun dalam waktu berdekatan.

Jika keluhan ini muncul sewaktu-waktu, tanpa alasan yang jelas, bahkan di saat Anda sedang santai, itu jelas perlu Anda khawatirkan. Di dalam beberapa literatur kedokteran, kondisi tersebut menandakan terjadinya fibrilasi atrium atau kondisi dimana jantung berdetak cepat dan tidak teratur hingga menyebabkan penurunan aliran darah ke dalam tubuh. Biasanya fibrilasi atrium dibarengi dengan gejala lain seperti pusing, nyeri dada dan sesak napas.

Dada terasa tidak nyaman
Ciri gejala sakit jantung yang paling umum dikenal adalah munculnya rasa tidak nyaman di bagian dada, terutama di sisi kiri. Dada terasa sakit, sesak, atau seperti mengalami tekanan layaknya tertindih benda yang berat. Kadang rasa nyeri muncul seperti ditusuk-tusuk, dan terasa sampai ke area lengan dan belikat.

Waspadai juga ketika Anda menjadi mudah sekali mengalami sesak napas meskipun Anda dalam kondisi fit dan sehat, atau bahkan sedang beristirahat dan tidak tengah beraktivitas. Lama kelamaan keluhan muncul lebih sering, kadang disertai efek seperti linu di sekitar dada kiri, bagian lengan atas hingga ke punggung atas, bisa jadi ini adalah gejala awal munculnya serangan jantung atau penyumbatan arteri.

Pusing dan/atau Migrain
Rasa pusing hingga rasanya dunia seperti berputar-putar, bahkan sampai pingsan. Bahkan penderita juga sering mengalami sakit atau nyeri kepala sebelah yang umum dikenal dengan migrain. Meskipun gejala tersebut tidak selalu berkaitan dengan masalah jantung, tetapi jika terjadi dalam rentang waktu yang sering dan berulang, maka patut diwaspadai. Secara umum, kondisi pusing berputar yang dialami seseorang adalah akibat dari adanya sumbatan di arteri yang menyebabkan tekanan darah menjadi terganggu. Apalagi jika kondisi pusing berputar itu sampai mengakibatkan jatuh pingsan dan mengalami rasa tidak nyaman pada dada bagian kiri.

Kecemasan hingga berkeringat dingin
Ciri gejala sakit jantung yang samar selanjutnya bisa juga ditandai dengan munculnya rasa cemas tanpa sebab, seolah sedang menghadapi situasi yang membuat Anda gugup tanpa alasan jelas. Kondisi ini diperparah dengan tanda mulai mengeluarkan keringat dingin dan rasa gugup tidak jelas. Hal ini kemungkinan disebabkan aliran darah yang tidak lancar.

Mengalami keluhan lambung
Beberapa penderita jantung mengaku justru awalnya mereka seperti terus menerus mengalami keluhan pada lambung mereka. Umumnya ada rasa perih, sesak di ulu hati, mulut terasa masam, bahkan disertai mual hingga muntah atau beberapa keluhan ketidaknyamanan di bagian perut seperti mulas dan sakit perut. Walaupun memang bisa terkait masalah pencernaan, sekitar 30% penderita jantung juga menunjukan gejala sejenis ini di awal.

Segera hubungi dokter jika gejala semakin parah dan menganggu aktivitas keseharian Anda. Jika dibiarkan saja, penyakit jantung bisa menjadi serangan tiba-tiba bahkan gagal jantung.

Artikel Terkait :

  1. 5 tanda dan gejala ginjal bermasalah
  2. Selalu Waspada Terhadap Ciri-ciri Ginjal Terganggu
  3. Kenali Manfaat Biro Perjalanan ke Luar Negeri!
  4. Tips Kesehatan Mata Khusus Untuk Anda
  5. Cara Mengelola Keuangan Bersama Anak

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00