Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Apa Saja Ciri-ciri Orang Terkena Ginjal yang Bermasalah?

23 September 2016 |

ciri-ciri-orang-terkena-ginjal
Berdasarkan penelitian, hanya ada 10% orang dengan penyakit ginjal yang menyadari gangguan yang dideritanya. Fakta ini kemungkinan disebabkan ciri-ciri orang terkena ginjal yang bermasalah masih sangat samar dan menyerupai gejala penyakit lain yang lebih ringan.

Bagi Anda yang memiliki risiko tinggi penyakit ginjal akibat hipertensi, diabetes, riwayat keluarga berpenyakit, ataupun berusia lebih dari 60 tahun maka sangat penting untuk memeriksakan diri secara berkala termasuk penyakit ginjal. Pastikan untuk segera memberitahu keluhan yang terjadi pada dokter, seperti:

Anda mengalami gangguan sulit tidur. Saat ginjal tidak dapat menyaring darah dengan benar, racun menumpuk di dalam darah dibandingkan keluar melalui urin. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh sulit untuk tidur. Di samping itu, ada hubungan antara kelebihan berat badan dan gangguan ginjal, salah satunya yang paling umum sama-sama mengalami sleep apnea yaitu keadaan pernapasan yang tidak teratur saat tidur.

Anda merasa sering ingin buang air kecil. Jika Anda mengalami rasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, bisa jadi ciri-ciri orang terkena ginjal yang bermasalah. Pada saat saringan dalam ginjal rusak, dapat menyebabkan seseorang merasa terus menerus ingin buang air kecil. Terkadang gejala ini menandakan adanya infeksi pada saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

Anda melihat ada darah pada urin. Ginjal yang sehat mampu membedakan sel darah dengan limbah lain pada saat penyaringan yang nantinya dikeluarkan sebagai urin. Namun apabila ginjal bermasalah maka sel darah tersebut mulai bocor dalam urin. Selain sebagai ciri-ciri orang terkena ginjal yang bermasalah, bisa juga menandakan adanya batu ginjal, infeksi, atau bahkan tumor.

Anda melihat ada buih pada urin. Adanya buih berlebihan pada urin, terlebih lagi saat Anda membutuhkan usaha berkali-kali menyiram toilet untuk menghilangkan buih tersebut, kemungkinan besar ada protein yang bocor. Protein tersebut bernama albumin, bisa bocor pada urin karena saringan ginjal yang mengalami gangguan.

Anda memiliki kulit kering dan gatal. Ginjal sehat memiliki banyak peran penting, salah satunya mengeluarkan limbah dan cairan berlebih, membantu membentuk sel darah merah, memperkuat tulang, hingga mengatur kadar mineral dalam darah. Kulit yang kering dan gatal bisa menjadi tanda gangguan ginjal, yaitu ginjal tidak lagi mampu mengatur keseimbangan mineral dan nutrisi dalam darah.

Anda mengalami pembengkakan pada pergelangan serta kaki. Berkurangnya kinerja ginjal dapat menyebabkan penumpukan sodium, berakibat pada bengkaknya pergelangan serta kaki. Pembengkakan pada tubuh bagian bawah bisa juga menandakan adanya gangguan jantung, hati, atau gangguan otot kaki yang parah.

Anda merasa cepat lelah, tidak berenergi, atau sulit konsentrasi. Gangguan ginjal yang cukup parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh merasa cepat lelah, menjadi lemah dan sulit untuk konsentrasi. Komplikasi lainnya adalah anemia, yang juga menimbulkan rasa lelah dan letih lebih cepat.
Anda tidak nafsu makan dan mengalami kram otot. Penurunan nafsu makan bisa menjadi ciri-ciri orang terkena ginjal yang bermasalah yang paling umum. Selain itu juga mengalami kram otot karena kadar mineral dan kalsium yang tidak seimbang akibat kinerja ginjal yang menurun.

Jangan sepelekan ciri ginjal bermasalah pada tubuh, segera periksakan kondisi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Berikan diri Anda dan keluarga proteksi kesehatan dengan asuransi jiwa dan kesehatan dari AXA Mandiri sebagai langkah awal.

Artikel Terkait :

  1. 6 Gejala Jantung Bocor pada Orang Dewasa Perlu Diatasi
  2. Bahaya Gejala Jantung Bengkak dan Penyebabnya
  3. Gejala Ginjal Sakit yang Paling Umum
  4. Waspadai Gejala Usus Buntu Sekarang Juga!
  5. Tips Agar Bisa Membeli Rumah di Usia Muda

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00