Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Inilah Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya

6 June 2016 |

gejala penyakit jantung dan cara mengatasinya
Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia, organ jantung dibutuhkan untuk memompa darah menuju seluruh tubuh, sehingga mendapatkan oksigen serta nutrisi makanan yang diperlukan untuk proses metabolisme. Jantung sangat perlu dijaga kesehatannya supaya dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu penyakit yang perlu dihindari adalah penyakit jantung koroner, salah satu penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan serangan jantung.

Setiap tahun, jutaan orang di berbagai belahan dunia mengalami kasus serangan jantung. Meskipun tidak semua serangan jantung mengakibatkan kematian, biasanya setiap pasien yang pernah mengalami serangan jantung menderita beberapa dampak lanjutannya. Sementara sisanya tidak dapat tertolong lagi.

Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mengatasinya
Jika Anda merasakan gejala awal penyakit jantung ataupun bahkan pernah mengalami serangan jantung ringan, ada baiknya untuk tidak mengabaikan keadaan tubuh. Pada umumnya, gejala penyakit jantung dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut:
1. Mengeluarkan keringat, biasanya penderita mengeluarkan keringat dingin berlebih padahal tidak sedang melakukan kegiatan fisik berat, umumnya terjadi pada area telapak tangan yang sering mengeluarkan keringat.

2. Sesak napas, penderita merasakan sesak napas hingga lama kelamaan pusing karena kekurangan oksigen. Gejala diakibatkan kontraksi otot jantung yang tidak normal hingga bisa berdampak ke paru-paru dan menyebabkan sesak napas.

3. Nyeri pada dada, hal ini dikarenakan otot dan jantung tidak mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup, sehingga membuat jantung tersebut menjadi nyeri. Rasa nyeri biasanya disertai dengan rasa seperti jantung diremas-remas dan rasa sakit yang amat sangat.

4. Merasa lelah, merasa lelah berlebihan padahal tidak melakukan aktivitas fisik berat juga bisa menjadi indikasi awal dari penyakit jantung. Hal ini kemungkinan terjadi akibat aliran darah dengan pasokan oksigen yang tidak lancar ke seluruh tubuh.
5. Jantung berdebar-debar, penderita yang mengalami jantung yang berdebar kencang tanpa sebab pasti dan rasanya seperti seusai lari marathon juga bisa diwaspadai sebagai tanda dan gejala sakit jantung.

6. Cemas, orang yang dihinggapi rasa cemas karena memikirkan kondisi tubuhnya tentang penyakit jantung ada baiknya untuk menenangkan diri karena rasa cemas berlebihan justru akan semakin menganggu kerja jantung.

7. Nafsu makan menurun, salah satu indikasi awal dari penyakit jantung adalah penderita mengalami nafsu makan yang menurun drastis dan biasanya juga disertai mual hingga muntah-muntah.

8. Sakit kepala, sakit kepala pada gejala awal penyakit jantung umumnya terjadi sangat menyakitkan. Kondisi ini terjadi kemungkinan besar akibat aliran darah ke otak tidak normal dan terganggu.

Jika gejala penyakit jantung mulai terjadi, sangat penting bagi Anda untuk segera mencari bantuan medis. Risiko kematian terbesar pada serangan jantung ada dalam kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung. Penanganan yang tepat dan cepat dari tim medis setidaknya dapat menyelamatkan otot jantung dari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, semakin efektif jantung akan kembali memompa setelah serangan.

Apabila telah terjadi penyumbatan, umumnya tindakan medis diambil adalah dengan pemasangan kateterisasi, serta cincin yang menjaga supaya pembuluh darah koroner tidak tersumbat.

Itulah beberapa gejala penyakit jantung dan cara mengatasinya. Sayangi jantung Anda dengan memperbaiki gaya hidup Anda agar tetap sehat. Mulailah menikmati makanan sehat, bergizi seimbang dan rendah kolesterol. Hindari merokok dan minum alkohol berlebih. Jangan lupa juga untuk mengambil langkah awal perlindungan kesehatan Anda dan keluarga dengan mengandalkan perlindungan kesehatan AXA Mandiri yang fleksibel dan terpercaya.

Artikel Terkait :

  1. Aman Liburan Dengan Biro Perjalanan Wisata Ke Turki
  2. Berbagai Penyebab Penyakit Jantung Lemah serta Gejalanya
  3. 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Tetap Jernih dan Sehat
  4. Amannya Berlibur Dengan Biro Perjalanan Wisata Hongkong
  5. Waspadai Infeksi Mata Akibat Lensa Kontak

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00