Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Gejala Ginjal Sakit yang Paling Umum

6 June 2016 |

gejala ginjal sakit paling umum
Ginjal merupakan sepasang organ berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia. Ginjal dengan besaran kepalan tangan orang dewasa ini memiliki fungsi untuk menyaring ampas metabolisme tubuh, zat hasil sampingan, dan cairan berlebih dari darah, menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh, dan masih banyak lagi.

Mengingat pentingnya fungsi ginjal bagi tubuh manusia, hal yang perlu diperhatikan oleh Anda adalah gejala ginjal sakit. Gejala tersebut lebih sering samar dan menyerupai penyakit ringan, sehingga Anda perlu lebih waspada. Berikut ini adalah beberapa gejala ginjal sakit, yaitu:

Perubahan frekuensi buang air kecil dan struktur urin

Ketika frekuensi buang air kecil Anda berkurang dan sangat sedikit maupun tidak teratur, Anda perlu mewaspadai ini sebagai salah satu gejala ginjal sakit paling umum. Warna maupun struktur urin pun akan berbeda misalnya warna yang merah hingga kecoklatan ataupun mengandung busa. Busa terlihat seperti gelembung akan langsung terlihat ketika urin keluar. Hal ini bisa jadi disebabkan adanya banyak protein yang sudah menumpuk dalam urin. Beberapa jenis protein yang paling sering ditemukan adalah seperti albumin. Fungsi ginjal membuang cairan pada gejala ini kemungkinan sudah tidak berfungsi dengan baik.

Tubuh mudah lelah

Salah satu sistem kerja ginjal adalah membuat sebuah hormon yang disebut eritropoietin. Hormon ini bekerja untuk memberikan sinyal kepada tubuh agar bisa memproduksi sel darah merah guna kerja metabolisme. Namun ketika ginjal gagal dalam membuat hormon ini maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga Anda akan merasa keluhan sangat mudah lelah akibat tidak ada sel darah merah yang cukup menyalurkan oksigen ke beberapa bagian tubuh termasuk otot dan otak. Jadi gejala anemia biasanya terjadi pada tahap awal.

Tubuh membengkak

Ciri awal terjadinya gagal ginjal adalah tubuh yang mengalami pembengkakan. Biasanya kondisi bengkak terjadi pada bagian pergelangan kaki, tangan, perut, betis, hingga wajah. Gejala ginjal sakit yang satu ini disebabkan saat tubuh tidak bisa mengeluarkan semua cairan yang menumpuk di dalamnya. Bersamaan dengan ciri selalu ingin buang air kecil tapi volume urin yang sangat sedikit, maka gejala ini bisa menjadi lebih parah. Gejala ini sering disertai dengan beberapa tanda seperti rambut yang rontok terus menerus, berat badan yang turun meskipun terlihat lebih gemuk.

Kram otot

Penderita gagal ginjal juga bisa mengalami kondisi kram otot. Rasa kram otot bisa terjadi kapan saja namun paling sering pada malam hari. Biasanya hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan cairan elektrolit pada tubuh sebagai akibat terjadinya gangguan fungsi ginjal. Kondisi ini umumnya paling dipengaruhi saat tubuh tidak memiliki kadar kalsium yang cukup atau jumlah fosfor yang sangat rendah dan kurang.

Nafsu makan menurun

Setelah tubuh mengalami beberapa gejala yang membuatnya tidak nyaman, maka tubuh juga akan terlihat lebih kurus. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh penurunan nafsu makan yang cukup drastis. Ginjal yang tidak berfungsi optimal mengakibatkan ada banyak racun dalam tubuh. Racun ini juga yang mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh dan terganggunya nafsu makan.

Jika Anda mengalami beberapa gejala ginjal sakit yang telah dipaparkan, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter. Lebih baik waspada daripada nantinya sulit diobati, pastikan Anda mendapatkan ketenangan dari solusi proteksi kesehatan AXA Mandiri yang sudah terpercaya selama bertahun-tahun.

Artikel Terkait :

  1. Amannya Berlibur Dengan Biro Perjalanan Wisata Ke China
  2. Ketahui Beberapa Nutrisi Penting Bagi Wanita Aktif
  3. Apa itu Biro Perjalanan Wisata Online?
  4. Trik Menggunakan Kartu Kredit Saat Berlibur Ke Luar Negeri
  5. Efek Samping Umum Yang Timbul Setelah Berhenti Merokok

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00