Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Efek Samping Umum Yang Timbul Setelah Berhenti Merokok

3 Pebruari 2016 |

Rokok tak ubahnya makanan sehari-hari yang sulit dilepaskan dari perokok. Walau kebanyakan perokok sudah mengetahui akibat buruk yang ditimbulkannya, tetapi tidak juga menghentikan kebiasaan merokok. Sebenarnya, tak hanya merokok saja yang memiliki efek samping bagi manusia, namun saat mencoba berhenti merokok ada pula beberapa gejala yang umum dialami. Berikut adalah efek samping saat berhenti merokok dan cara menanggulanginya :

Keinginan merokok

Ini adalah gejala yang pasti dirasakan dan paling intens terutama pada minggu pertama. Namun jangan khawatir, karena ini akan berkurang dalam hitungan bulan. Untuk meredakannya, tahan keinginan tersebut dan alihkan perhatian Anda dengan melakukan berbagai hal, seperti memakan permen, berjalan-jalan, olahraga, melakukan hobi, dan sebagainya. 

Lekas emosi

Salah satu akibat yang ditimbulkan saat menghentikan kegiatan merokok adalah hilangnya kesabaran lebih cepat dari biasanya. Ini akan muncul sejak dua minggu pertama sampai minggu keempat berhenti menghisap rokok. Anda bisa melakukan meditasi, mandi dengan air hangat, atau melakukan latihan fisik agar hati menjadi tenang kembali. Sebaiknya kurangi pula mengonsumsi kafein. 

Insomnia

Sulit tidur umumnya akan dialami orang yang berusaha menghentikan kebiasaan merokok pada minggu kedua sampai keempat. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mendapat nikotin dari rokok seperti biasanya. Agar Anda tidak mengalami insomnia, hindari mengonsumsi kafein di atas jam 18.00 dan sebaiknya Anda menggerakkan tubuh dengan berolahraga kecil seperti lari di tempat agar tubuh terasa lelah dan lebih mudah terlelap. Anda juga bisa membaca buku sebelum tidur agar lekas mengantuk. 

Kelelahan dan berkurangnya konsentrasi

Ini adalah hal normal yang terjadi saat nikotin yang biasanya masuk ke dalam tubuh secara tiba-tiba dihentikan asupannya. Cara termudah untuk meredakan gejala ini adalah dengan beristirahat. Jangan memaksakan tubuh untuk selalu bekerja saat tubuh mengisyaratkan untuk istirahat sejenak. Hindari pula stres agar otak bisa terbebas dari pikiran yang membuat tubuh semakin lelah. Hal ini akan dialami sekitar dua sampai empat minggu atau lebih.

Walaupun demikian, rokok merupakan sumber penyakit, terutama kanker yang bisa menyebabkan kematian. Tentunya Anda tidak ingin hal buruk itu terjadi pada Anda. Untuk beragam risiko kesehatan yang mungkin muncul, asuransi kesehatan rawat jalan dan asuransi kesehatan rawat inap merupakan hal penting agar kondisi keuangan tetap terjaga. Asuransi kesehatan AXA Mandiri memberikan manfaat kesehatan yang Anda butuhkan.

Artikel Terkait :

  1. Tips Agar Bisa Membeli Rumah di Usia Muda
  2. Kenali Penyakit Katup Jantung Pada Diri Anda!
  3. Tips Nyaman Berwisata Ke Hong Kong
  4. Mari Berlibur Ke Singapura ala Backpacker!
  5. Trik Bijak Membeli Buah Tangan Saat Liburan

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00