Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Jangan Abaikan Ciri-ciri Ginjal yang Bermasalah

23 September 2016 |

ciri-ciri-ginjal-yang-bermasalah
Ginjal manusia adalah sepasang organ yang memiliki bentuk agak lonjong dan memiliki lengkungan menyerupai dua buah kacang merah saling berhadapan. Jaringan dalam ginjal memiliki peran penting dalam mengeluarkan zat yang sudah tidak diperlukan dan potensi berbahaya bagi tubuh. Saat zat tersebut telah melewati penyaringan dalam ginjal, maka akan dikeluarkan bersamaan dengan urin. Terdapat banyak risiko penyakit yang bisa menyerang organ bagian dari sistem ekskresi ini.

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak benar dan tidak melakukan kegiatan fisik secara teratur bisa menjadi faktor pendorong menumpuknya racun dalam organ tubuh. Apaila fungsi ginjal lama kelamaan menurun dan diabaikan, sangat besar kemungkinan terjadinya gagal ginjal dan jaringan ginjal tidak dapat berfungsi lagi selamanya.

Perhatikan sejumlah ciri-ciri ginjal yang bermasalah seperti di bawah ini.

1. Buang Air Kecil Tidak Teratur
Ginjal merupakan organ tempat produksi urin berlangsung, ciri-ciri ginjal yang bermasalah yang paling utama ialah adanya perubahan pada pola buang air kecil Anda. Baik dari segi frekuensi maupun struktur urin Anda akan berbeda jika mengalami gangguan pada ginjal. Bisa jadi Anda bolak balik ke kamar mandi merasa hendak berkemih, akan tetapi sedikit urin yang bisa dikeluarkan. Pembuangan urin yang tidak tuntas akan menyebabkan fungsi jaringan pada ginjal semakin menurun.

2. Struktur Urin Berbeda dari biasanya
Komposisi limbah dengan zat racun yang berlebihan juga akan mempengaruhi urin yang Anda keluarkan. Penderita penyakit ginjal biasanya memiliki urin berwarna gelap kemerahan hingga kecoklatan atau bahkan disertai darah. Dalam urin juga bisa mengandung buih, kondisi ini disebabkan kemungkinan protein dalam tubuh yang bocor dalam darah hingga mampu tercampur keluar melalui urin.

3. Kelelahan serta Sesak Napas
Ginjal yang tidak berfungsi seperti seharusnya mengakibatkan adanya cairan berlebihan hingga menutup paru-paru, kemudian penderita akan merasa sesak napas. Menurunnya fungsi ginjal dalam tubuh akan menyebabkan hormon yang diproduksi ginjal juga berkurang, terutama hormon yang memiliki peran dalam mengikat oksigen sel darah merah atau trombosit ke seluruh bagian tubuh. Hal ini yang nantinya menimbulkan ciri-ciri ginjal yang bermasalah seperti merasa mudah lelah dan sesak nafas.

4. Rasa Nyeri pada Pinggang
Terjadinya salah satu ciri-ciri ginjal yang bermasalah bagi sebagian besar orang adalah rasa sakit dan nyeri pada bagian pinggang. Gejala ini timbul kemungkinan sebagai sinyal dari letak ginjal yang berada pada sisi pinggang bawah. Ginjal yang mengalami kendala akan menyebabkan nyeri hebat, serta ngilu pada pinggang berlangsung dalam waktu lama. Gejala ini bisa juga ada kaitannya dengan penyakit batu ginjal yang terjebak dalam ureter.

5. Gatal dan Pembengkakan Tubuh
Ginjal memiliki tugas utama membuang sisa pembuangan metabolisme dari peredaran darah. Apabila ginjal Anda mengalami gangguan akan terjadi penumpukan kotoran atau zat sisa dalam darah, hingga akhirnya menyebabkan rasa gatal-gatal di sekujur tubuh. Di beberapa bagian tubuh terentu, terutama kaki dan tangan pun terjadi pembengkakan seiring dengan rasa gatal yang timbul. Bengkak tersebut disebabkan oleh cairan yang menumpuk dalam tubuh.

Jangan abaikan beberapa ciri-ciri ginjal yang bermasalah pada tubuh Anda, ada baiknya lekas lakukan pemeriksaan ginjal kepada dokter. Pemeriksaan menyeluruh perlu dilakukan untuk menentukan langkah perawatan dan pengobatan yang tepat bagi ginjal sejak dini.

Artikel Terkait :

  1. Anda Pecinta Drama Korea? Nami Island Cocok Untuk Anda!
  2. Tips Mudah Menjadi Backpacker Sejati
  3. Antisipasi Kondisi Keuangan Darurat
  4. Efek Samping Umum Yang Timbul Setelah Berhenti Merokok
  5. Cara Menjaga Kesehatan Tulang Tetap Kuat dan Sehat

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00