Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Ini Dia Ciri-ciri Ginjal Bermasalah

6 Juni 2016 |

inilah ciri-ciri ginjal bermasalah
Di dalam tubuh manusia, organ ginjal menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting fungsinya. Bentuk organ tubuh yang mirip seperti kacang ini merupakan organ dari sistem ekskresi. Fungsi utama ginjal adalah untuk menyaring kotoran maupun zat racun tubuh di dalam darah kemudian membuangnya bersama air dalam bentuk urin. Ciri-ciri ginjal bermasalah mungkin cukup sulit dideteksi kasat mata karena seringkali dianggap sebagai gejala penyakit biasa.

Gaya hidup dan pola makan seseorang paling berisiko langsung terhadap kesehatan organ ginjal. Kebiasaan konsumsi makanan yang tidak sehat dan jarang melakukan olahraga teratur lama kelamaan akan menumpuk racun dalam tubuh. Tandai beberapa ciri-ciri ginjal bermasalah sebagai berikut:

  1. Wajah Pucat dan tubuh lemas

Para penderita ginjal bermasalah yang mengalami wajah pucat dan juga tubuh yang lemas biasanya dikatakan sedang tidak enak badan. Mungkin Anda yang mengalami ciri-ciri ginjal bermasalah ini biasanya tidak terlalu ditanggapi serius dan hanya beristirahat di rumah. Akan tetapi hal ini bisa menjadi salah satu gejala yang harus Anda ketahui sejak dini. Hal ini terkait dengan masalah ginjal akan menyebabkan penurunan produktivitas sel darah merah. Oleh sebab itu, para penderita ginjal bermasalah biasanya akan mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah. Ada baiknya Anda tetap memeriksakan kondisi ke dokter agar Anda mendapatkan diagnosa yang pasti mengenai penyakit yang tengah diderita.

  1. Perubahan pola buang air kecil

Ginjal adalah organ tempat memproduksi urin, adanya perubahan pola buang air kecil bisa jadi tanda adanya masalah pada ginjal. Saat frekuensi buang air kecil mulai berkurang dan bahkan dalam sehari sangat jarang buang air kecil, Anda perlu mencurigai ini sebagai salah satu ciri-ciri ginjal bermasalah. Hal ini juga yang biasanya menyebabkan penderita akan bolak-bolak merasakan hendak buang air kecil karena proses pembuangan yang tidak tuntas. Keluhan ini biasanya mulai dirasakan oleh para penderita ginjal bermasalah tingkat lanjut, sebab fungsi ginjal membuang cairan sudah tidak berfungsi dengan baik.

  1. Ruam kulit dan pembengkakan tubuh

Ginjal mempunyai tugas penting membuang sisa-sisa metabolisme dari peredaran darah. Apabila ginjal bermasalah, akan terjadi penumpukan zat sisa dalam darah dan akhirnya menyebabkan gatal serta ruam kulit. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan jika sering digaruk. Selain ruam kulit pada beberapa bagian tubuh terentu, terutama kaki dan tangan akan terjadi pembengkakan seiring dengan rasa gatal. Zat sisa yang sudah tidak diperlukan akan mengisi ruang dalam tubuh dan menyebabkan pembengkakan.

  1. Sakit pinggang

Beberapa akan mengalami ciri-ciri ginjal bermasalah yang paling umum ini yaitu terasa sakit pada bagian pinggang. Rasa sakit pada pinggang kemungkinan disebabkan letak ginjal yang berada pada sisi pinggang bawah. Ginjal yang tidak berfungsi seharusya akan menyebabkan nyeri hebat pada pinggang. Kondisi ini bisa juga berkaitan dengan penyakit batu ginjal yang terjebak dalam ureter. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, namun setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.

  1. Mual dan muntah

Salah satu fungsi ginjal adalah untuk membuang racun, saat ginjal bermasalah secara otomatis racun tidak akan terbuang secara efektif. Kemudian racun tersebut akan terus menumpuk di dalam tubuh dan akan berpengaruh pada sistem pencernaan tubuh. Mual dan muntah lebih sering dikaitkan dengan sakit masuk angin daripada adanya gangguan ginjal. Akan tetapi saat Anda atau salah seorang keluarga Anda mengalami mual dan sering muntah, segera periksakan ke dokter. Dan tentu saja mual yang dialami oleh penderita sakit ginjal ini akan menurunkan nafsu makan penderita, sehingga justru malah memperparah keadaan penderita.

Apabila ciri-ciri ginjal bermasalah menghampiri, segera periksakan ginjal Anda secara tuntas. Pastikan untuk mendapat perlindungan menyeluruh dalam dalam asuransi jiwa AXA Mandiri sebagai pertanggungan terpercaya kesehatan Anda beserta orang-orang tersayang.

Artikel Terkait :

  1. Pemula dalam Traveling? Perhatikan Hal Berikut Ini!
  2. 5 tanda dan gejala ginjal bermasalah
  3. Trik Menggunakan Kartu Kredit Saat Berlibur Ke Luar Negeri
  4. Mudahnya Membangun Aset Produktif dari Upah Bulanan
  5. Rasakan Bedanya Berlibur dengan Kapal Pesiar!

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00