Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00

DPLK AXA Mandiri
Klik Disini

Temukan Kebutuhan Anda

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Ciri-ciri Ginjal Bengkak serta Penyebabnya

6 Juni 2016 |


Ginjal merupakan organ vital dalam tubuh yang bentuknya kecil tetapi memiliki tugas besar. Selain membantu keseimbangan kadar air dalam tubuh, tugas utama ginjal yang lain yaitu membuang limbah yang sudah tidak digunakan dalam tubuh. Kelebihan cairan sisa dapat mengakibatkan ginjal mengalami pembengkakan, atau dalam istilah urinologi disebut juga hidronefrosis.

Pada saat ginjal bekerja secara normal, maka organ ini akan mencerna dan menyalurkan cairan ke seluruh tubuh. Air yang masuk dan mengalami metabolisme tubuh akan keluar berupa urin. Jika aliran urin tersumbat, maka akan menyebabkan pembengkakan ginjal. Pada masalah hidronefrosis, urin yang hendak keluar mengalami kesulitan akibat sumbatan tersebut. Akibatnya urin akan kembali ke tubulus renalis (tabung di dalam ginjal) dan masuk kembali ke pelvis renalis (pada pusat pengumpulan air kemih). Keadaan ini akan memberikan tekanan yang tinggi pada ginjal, hingga mengalami pembengkakan.

Ciri-ciri ginjal bengkak adalah sebagai berikut:

  • Nafsu makan berkurang
  • Volume urin berkurang, berwarna coklat pekat, bahkan berbusa
  • Sesak napas disebabkan penimbunan cairan di rongga seputar paru-paru
  • Perut menjadi buncit atau busung
  • Pada pria, lutut serta kantong zakar membengkak
  • Pada anak dapat berlangsung penurunan desakan darah saat tengah berdiri
  • Adanya kelainan pembentukan darah yang meningkatkan risiko pembekuan di dalam pembuluh darah
  • Adanya peradangan pada susunan perut yang disebabkan infeksi perut. Infeksi ini kemungkinan terjadi karena menyusutnya pembentukan antibodi atau hilangnya antibodi yang keluar bersamaan urin
  • Kadang-kadang disertai demam. Rasa sakit di bagian pinggang. Pelupuk mata, tangan dan kaki bengkak

Ciri-ciri ginjal bengkak tersebut paling umum dapat terjadi dikarenakan:

  • Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan batu-batu urin yang terdapat dalam ginjal, atau banyak ditemui dalam kandung kemih. Batu ini terbentuk karena adanya pembentukan endapan-endapan ketika urin mengandung terlalu banyak garam, garam tersebut tidak larut, atau larutnya garam hanya sedikit. Kandungan batu ginjal dapat dicegah dengan anjuran minum air putih (10-12 gelas per hari), mengurangi asupan daging, mengonsumsi makanan bayam, kacang-kacangan, teh dan sebagainya.

  • Penyempitan Kandung Kemih

Khusus untuk penyempitan kandung kemih biasanya terjadi pada kaum laki-laki yang mengalami pembesaran kelenjar prostat. Kelenjar ini terdapat pada sistem reproduksi laki-laki, tepat di bawah kandung kemih. Kelenjar ini akan mendorong dan menghambat saluran dimana urin seharusnya disalurkan keluar.

  • Infeksi Kandung Kemih

Kandung Kemih dapat terinfeksi akibat adanya bakteri dan virus yang menjalarinya. Saat bakteri maupun virus mulai berkembang biak dalam kandung kemih maka akan menimbulkan infeksi, hingga menyebabkan bengkak pada ginjal.

Ginjal bengkak harus segera diobati supaya tidak berakibat pada kerusakan tingkat lanjut bahkan gagal ginjal. Selain kerusakan permanen, di dalam tubuh dapat terjadi keracunan darah hingga komplikasi. Diagnosa yang tepat dapat diikuti tindakan medis yang tepat pula. Pengobatan ginjal bengkak tergantung dari penyakit yang mengakibatkannya.

Melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh dapat mendeteksi ciri-ciri ginjal bengkak sejak awal. Pemeriksaan ginjal bengkak sedini mungkin dapat mendeteksi apabila adanya kelainan dalam tubuh yang mengakibatkan pembengkakan ginjal. Pengobatan paling tepat dilakukan pada spesialis sistem ekskresi atau urologi.

Artikel Terkait :

  1. Cara Mengelola Keuangan Bersama Anak
  2. Tips Kesehatan Mata Khusus Untuk Anda
  3. Apakah Obsessive Compulsive Disorder (OCD) Itu?
  4. Aman Liburan Dengan Biro Perjalanan Ke India
  5. Apakah Phobia Hanya Rasa Takut Semata?

AXA Mandiri

Harga Unit

IHSG Turun -1.09% – 13 Mei 2020

Market Update

Disclaimer & Ownership. Copyright 2020 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00