Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Ciri-ciri Gejala Sakit Jantung Mulai Menyerang

6 Juni 2016 |

ciri-ciri gejala sakit jantung
Ciri-ciri gejala sakit jantung cukup sulit untuk dikenali atau dipahami, para ahli telah mengingatkan kepada semua orang untuk tidak mengabaikan segala sesuatu yang dianggap sebagai keluhan atau sinyal peringatan yang diberikan oleh tubuh bila ada gangguan pada jantung. Meskipun gejala sakit jantung bisa mirip dengan penyakit lain, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan lebih menyeluruh.

Apabila Anda ingin tahu lebih dini mengenai ciri-ciri gejala sakit jantung, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Mudah lelah

Penderita penyakit jantung lebih sering mengalami gejala ini, tubuh terasa lemas dan seakan tidak berdaya saat melakukan aktivitas secara normal. Mungkin beberapa orang akan menganggap kondisi ini sebagai kelelahan biasa. Akan tetapi, ketika kelelahan yang dialami terasa ekstrim, kemungkinan besar merupakan gejala dari ciri-ciri gejala sakit jantung. Pertama-tama, cobalah kurangi waktu kerja Anda, jika masih merasa lelah, kurangi juga waktu dan beban pekerjaan Anda. Apabila masih lelah, cobalah untuk istirahat total beberapa hari, dan bila belum berhasil juga, maka segera periksakan diri ke dokter.

  1. Denyut jantung tidak teratur

Beberapa dokter telah mengatakan bahwa sedang terjadi suatu masalah yang cukup mengkhawatirkan apabila mengalami ketidakteraturan denyut atau detak jantung. Terutama jika disertai dengan sesak napas, kelelahan, pusing, ataupun badan terasa lemas. Jika tidak diobati dengan segera, kemungkinan membuat penderita mengidap stroke dan bahkan mengalami kematian mendadak.

  1. Nyeri dada

Ciri-ciri gejala sakit jantung paling umum lainnya ialah terasa sakit atau nyeri di bagian dada. Kondisi ini kemungkinan terkait dengan aliran darah yang tidak lancar di jantung. Meskipun benar penyakit jantung, tidak semua nyeri dada berhubungan dengan gangguan kesehatan organ jantung.

  1. Pusing hingga pingsan

Serangan jantung membuat penderita kerap kali merasakan pusing dan bahkan tidak jarang berakhir dengan pingsan. Kondisi ini kemungkinan terjadi akibat denyut jantung yang abnormal atau aliran darah tidak optimal atau bisa juga disebabkan kemampuan jantung memompa darah yang menurun.

  1. Keringat dingin

Anda pasti sudah pernah merasakan keringat dingin, umumnya saat menahan rasa ingin buang air ataupun gugup sebelum tampil di depan umum. Keluarnya keringat dingin sebenarnya termasuk salah satu gejala umum dari serangan jantung, namun jarang disadari. Apabila sewaktu-waktu tubuh Anda mengeluarkan keringat dingin tanpa suatu alasan, dianjurkan untuk segera periksa ke dokter.

  1. Sesak napas

Sama seperti ciri-ciri gejala sakit jantung nyeri dada, sesak napas juga kerap hadir beberapa hari sebelum seseorang divonis dokter mengidap penyakit jantung. Sesak napas kemungkinan besar terjadi akibat rongga udara di dalam paru-paru yang dalam istilah kedokteran disebut kongesti pulmoner atau edema pulmoner kemasukan cairan.

  1. Gangguan tidur

Insomnia atau kesulitan tidur juga sering dialami oleh penderita penyakit jantung. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil survei dari sejumlah wanita, yaitu 50% diantaranya mengalami gangguan tidur pada beberapa hari sebelum vonis positif mengidap penyakit jantung.

Segera periksakan diri Anda pada dokter jika mengalami gejala lanjut seperti rasa cemas berlebihan, mual dan penurunan nafsu makan, pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, hingga batuk berdarah tanpa sebab. Lindungi kesehatan Anda dan keluarga melalui asuransi jiwa AXA Mandiri yang telah dipercaya memberikan solusi proteksi kesehatan masyarakat Indonesia.

Artikel Terkait :

  1. Hindari Penyakit Ginjal Untuk Masa Depan yang Sehat!
  2. Amannya Berlibur Dengan Biro Perjalanan Wisata Hongkong
  3. Merencanakan Liburan dengan Biro Perjalanan Tiket Pesawat
  4. 7 Gejala Jantung Sakit Penting untuk Diketahui
  5. Amannya Berlibur Dengan Biro Perjalanan Wisata Ke Amerika

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00