Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Cara Menjaga Kesehatan Tulang Tetap Kuat dan Sehat

3 Juni 2016 |

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Osteoporosis yang sering diderita oleh orang lajut usia, kini juga mulai melanda mereka yang berusia muda dan produktif. Osteoporosis adalah kondisi tulang lemah dan rapuh yang mempengaruhi aktivitas dan mobilitas penderitanya. Meski sekilas tampak sebagai organ yang tetap dan keras, akan tetapi justru sebenarnya tulang merupakan jaringan hidup yang dilengkapi pembuluh darah, saraf dan sumsum. Tulang bekerja memberikan dukungan bagi otot dan juga melindungi organ-organ di dalam tubuh. Kalsium adalah kandungan penting untuk pertumbuhan tulang pada masa bayi, masa kanak-kanak dan remaja. Kalsium merupakan mineral yang memperkuat tulang dan gigi.

Dua Nutrisi Kunci
Seperti yang telah dikemukakan bahwa tulang adalah jaringan hidup, oleh sebab itu tulang akan memperbaiki kondisinya sendiri secara teratur. Adanya gangguan terkecil sekalipun pada proses perbaikan dan pertumbuhan tulang akan memperbesar risiko patah tulang pada saat menjalani aktivitas sehari-hari.

Dua sari makanan yang paling penting untuk tulang kuat yakni kalsium dan vitamin D. Kalsium mampu membantu mendukung struktur tulang dan gigi, sementara vitamin D memaksimalkan penyerapan kalsium dan mendukung pertumbuhan tulang.

Cara menjaga kesehatan tulang yang paling utama yaitu dengan memperhatikan asupan kedua nutrisi tersebut sejak dini. Kecukupan nutrisi kalsium dan vitamin D akan membantu mencegah terjadinya osteoporosis yang dapat menyebabkan tulang rapuh, hingga patah tulang.

Anjuran makanan bagi kesehatan tulang
Beberapa makanan di bawah ini dianjurkan untuk rutin dikonsumsi dalam menjaga kesehatan tulang tetap kuat:

  • Susu
    Bisa dibilang susu merupakan sumber kalsium terbaik. Mengonsumsi susu alami secara teratur bisa mengurangi risiko rendahnya kepadatan tulang, sehingga bisa mencegah osteoporosis.
  • Yoghurt
    Selain susu, terdapat yoghurt yakni susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri baik. Yoghurt merupakan sumber yang kaya akan vitamin D. Satu cangkir yoghurt per hari memiliki kontribusi besar terhadap kebutuhan harian kalsium dan menguatkan tulang Anda. Bila dikonsumsi secara teratur, yoghurt dapat mencegah osteoporosis.
  • Kacang almond
    Mengonsumsi setengah cangkir almond sehari mampu menambahkan sekitar 18% dari kebutuhan kalsium per hari. Kacang ini juga dapat dimakan dengan cara lain seperti dimasukkan dalam pembuatan kue, atau cukup dengan dipanggang. Almond tidak hanya bermanfaat memperkuat tulang, namun juga membantu bila Anda ingin menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung.
  • Brokoli
    Brokoli adalah sayuran yang mengandung vitamin K dan kalsium sangat tinggi. Dengan menambahkan brokoli dalam asupan sehari-hari dapat mencegah osteoporosis dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Jus jeruk
    Biasakan untuk minum jus jeruk pada pagi hari, hal tersebut merupakan cara yang bagus untuk memulai hari Anda. Jus jeruk kaya akan vitamin C, akan lebih baik untuk membuat jus jeruk tanpa tambahan pemanis buatan. Selain itu, jus jeruk mengandung kalsium mineral untuk menguatkan tulang dan membantu perkembangan tulang. Buah jeruk menyediakan sekitar 6% dari kebutuhan harian kelsium per hari.

    Selain beberapa makanan di atas, menu lain yang memiliki kandungan vitamin D tinggi guna mendukung tulang kuat, antara lain telur, sereal yang sudah difortifikasi, dan beberapa jenis ikan (misalnya ikan salmon, sarden dan makarel).

Anjuran olahraga bagi kesehatan tulang

Pembentukan tulang berlangsung hingga usia 20-an. Di atas usia 35 tahun, seiring dengan proses penuaan, maka tulang akan mengalami kehilangan massa tulang. Namun, apabila aktivitas fisik telah biasa dilakukan secara rutin, kehilangan massa tulang memiliki kemungkinan besar untuk diperlambat. Dalam membangun dan menjaga tulang kuat, diperlukan aktivitas fisik atau olahraga yang fokus pada penguatan otot dan olahraga dengan beban.

Pada olahraga dengan beban, kaki diharuskan menyangga berat tubuh supaya tulang bekerja lebih keras sehingga membuatnya lebih kuat. Beberapa olahraga yang disarankan adalah berjalan, berlari, hingga menari. Sementara itu, olahraga penguatan otot diperlukan untuk merangsang urat dan tulang menjadi semakin kuat.

Hindari pengeroposan tulang dengan menerapkan cara yang telah dijabarkan di atas. Lakukan pemeriksaan berkala bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tulang maupun usia lanjut. Tulang yang sehat dan kuat membuat tubuh lebih nyaman dan bebas beraktivitas.

Artikel Terkait :

  1. Ingin Liburan Hemat di Australia? Ikuti Tips Ini!
  2. Hati-hati! Inilah Gejala Pada Disfungsi Sendi Rahang
  3. Aman Liburan Dengan Biro Perjalanan Wisata Ke Turki
  4. Apa itu Biro Perjalanan Wisata Online?
  5. 5 Pertanda Teknologi Telah Menguasai Anda

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00