Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

Cara Mengelola Keuangan Bersama Anak

3 Pebruari 2016 |

Dalam setiap keluarga, pasti memiliki perencanaan keuangan masing-masing. Bagi keluarga yang memiliki anak cukup besar, orangtua dapat mengedukasi anak agar mengetahui bagaimana cara merencanakan dan mengelola keuangan keluarga. Memberikan pemahaman kepada anak menjadi penting, karena tidak hanya berguna untuk kehidupan keluarga saat ini, tetapi juga untuk tujuan keuangan jangka panjang. Berikut adalah beberapa tips merencanakan keuangan bersama keluarga.

Libatkan semua anggota keluarga

Dalam merencanakan pengeluaran keluarga, Anda dapat mengajak seluruh anggota keluarga agar mengetahui jumlah pendapatan dan pos-pos pengeluaran keluarga. Dengan begitu, setiap anggota keluarga akan belajar untuk membuat daftar prioritas kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu dan menunda pengeluaran yang kurang penting. Hindari kata budget karena akan terkesan seperti memotong pengeluaran yang seharusnya.

Menabung dan membelanjakan bersama

Saat Anda dan keluarga memutuskan untuk menabung untuk tujuan bersama, seperti ingin membeli komputer atau berlibur, berikan contoh kepada anak menabung yang baik. Belajar menabung bisa dimulai dengan cara tradisional seperti dengan celengan, yaitu anak bisa menyisihkan uang tiap minggu untuk dimasukkan ke dalam celengan atau mengajaknya untuk membuka rekening tabungan di bank. Setelah menabung dalam jangka waktu tertentu, biarkan anak membuka celengannya atau mengambil tabungannya dan bawa mereka untuk berbelanja barang yang mereka inginkan. Ajak mereka untuk membandingkan beberapa produk yang sama di toko berbeda agar mereka lebih menghargai uang yang mereka kumpulkan sekecil apapun nominalnya.

Jelaskan mengenai investasi jangka panjang

Agar anak memahami pentingnya mengelola keuangan, Anda juga perlu memberitahu mereka mengenai perencanaan keuangan lainnya yang bisa membantu keluarga pada saat-saat yang tak terduga, seperti pentingnya memiliki asuransi jiwa. Selain itu, beragam pilihan asuransi jiwa di Indonesia memberikan solusi untuk keluarga yang ingin mendapatkan perlindungan. Sementara itu, asuransi jiwa merupakan solusi untuk keluarga dalam mendapatkan perlindungan, sekaligus investasi untuk tujuan keuangan jangka panjang dalam satu buah produk. Dengan asuransi, Anda bisa mengantisipasi risiko yang sewaktu-waktu bisa terjadi tanpa harus mengorbankan keuangan keluarga. 

Tetap fokus pada tujuan awal

Pertimbangkan untuk membuat semacam laporan singkat tentang pencapaian dan tujuan keuangan keluarga pada sebuah papan tulis atau lainnya. Pengingat ini membantu orangtua dan anak untuk tetap fokus pada tujuan menyimpan uang, seperti untuk kebutuhan sekolah, membeli rumah baru, atau pergi berjalan-jalan saat liburan.

Berhati-hatilah saat memilih kata

Jangan langsung berkata pada anak bahwa Anda tidak dapat mengabulkan permintaan anak. Namun, ajukan beberapa usulan, seperti anak bisa menabung, memintanya sebagai kado ulang tahun, atau melakukan pekerjaan rumah untuk mendapatkannya. Anda juga bisa mengatakan dengan cara yang baik bahwa yang diinginkan anak, seperti membeli mainan baru yang sangat mahal, bukanlah cara bagi keluarga Anda untuk menghabiskan uang. Beri pemahaman dengan perlahan pada anak agar ia mengerti bagaimana seharusnya uang dikelola dan mana yang penting atau kurang memiliki manfaat baginya.

Artikel Terkait :

  1. Hati-hati! Inilah Gejala Pada Disfungsi Sendi Rahang
  2. Mari Kontrol Gula Darah Sekarang Juga!
  3. Ingin Liburan Hemat di Australia? Ikuti Tips Ini!
  4. 5 Pertanda Teknologi Telah Menguasai Anda
  5. Waspadai Gejala Penyakit Alzheimer di Usia Muda

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00