Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00

DPLK AXA Mandiri
Klik Disini

Temukan Kebutuhan Anda

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

8 Ciri Gangguan Ginjal yang Perlu Ditangani

23 September 2016 |

Mendeteksi ciri gangguan ginjal sudah sepatutnya diketahui semua orang, sebab fungsi ginjal sangat penting dan bisa menyerang siapa saja. Terkadang ciri-ciri tersebut tidak bisa dibedakan dengan ciri-ciri penyakt lain yang lebih ringan. Oleh sebab itu, Anda perlu lebih teliti lagi jika memang merasakan hal yang berbeda pada tubuh sehingga lebih mudah dibedakan.

1.) Sakit Pinggang
Penderita sakit ginjal awalnya akan mengeluhkan rasa sakit di bagian pinggang meski tidak melakukan kegiatan yang menggunakan otot. Beberapa penelitian kesehatan juga sudah mengungkapkan bahwa respon adanya ketidaknormalan pada ginjal berujung pada sakit pinggang sebab letaknya yang ada di kedua kanan dan kiri pinggang Anda.

2.) Pola buang air kecil berubah
Ginjal bertugas untuk memproduksi zat sisa yang akan dikeluarkan oleh urin. Ketika ginjal bermasalah maka akan sangat berpengaruh pada pola buang air kecil Anda. Misalnya saja menjadi lebih sering di malam hari, atau merasa ingin buang air kecil tapi urin sangat sedikit, warna urin menjadi keruh atau bahkan disertai darah.

3.) Timbul rasa gatal dan ruam kulit
Fungsi ginjal lainnya adalah membuang sisa-sisa metabolisme dari peredaran darah. Apabila ginjal mengalami masalah, akan terjadi penumpukan zat sisa di darah dan menyebabkan gatal-gatal. Rasa gatal tersebut sering hilang dan muncul kembali meskipun Anda tidak terkena alergi atau digigit serangga. Selain itu juga muncul ruam pada kulit tanpa sebab yang jelas.

4.) Kelelahan
Ginjal juga memiliki peran dalam menghasilkan hormon yang disebut erythropoietin (EPO), berguna untuk memerintahkan tubuh melakukan distribusi oksigen yang dibawa oleh sel darah merah. Jika ginjal mengalami masalah, organ ini akan menghasilkan lebih sedikit EPO sehingga otot dan otak pun lebih gampang lelah. Penderita juga biasanya akan mengalami kelelahan sepanjang hari dan banyak tidur.

5.) Tubuh bengkak
Ginjal yang mengalami masalah biasanya tidak akan bisa melakukan fungsi dalam membuang kelebihan cairan. Akibatnya, cairan akan menumpuk dan menimbulkan ciri gangguan ginjal berupa pembengkakan di kaki, telapak, tangan, bahkan hingga wajah. Anda patut mencurigai jika nafsu makan menurun tapi justru badan lebih besar.

6.) Sulit Bernafas
Ciri gangguan ginjal selanjutnya adalah penderita akan sulit mengambil napas atau merasakan sesak napas. Hal ini kemungkinan besar terjadi karena adanya penumpukan cairan di dalam tubuh. Jika ginjal bermasalah cairan hasil sisa metabolisme tersebut tidak keluar semua sehingga cairan itu akan menumpuk di dalam tubuh termasuk organ paru-paru untuk bernafas.

7.) Lapisan Perut Meradang
Lapisan perut pada tubuh penderita ginjal bisa meradang disebabkan infeksi bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia. Kondisi ini diperparah dengan antibodi penderita ginjal yang biasanya menurun. Saat kekebalan menurun, tubuh lebih mudah terkena berbagai macam penyakit salah satunya adalah peradangan lapisan perut.

8.) Demam
Orang yang menderita gangguan ginjal akan merasakan demam ringan di tubuhnya. Penyebab demam ini adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia sedang berusaha menyerang sistem imun. Jika sistem imun tidak mampu menangkalnya maka akan memberikan reaksi terhadap virus atau bakteri itu berupa demam.

Semoga setelah membaca penjelasan ciri gangguan ginjal di atas, Anda bisa lebih mewaspadai gejala-gejala sakit ginjal yang harus segera ditangani. Periksakan diri ke dokter segera jika memang merasakan beberapa di antaranya.

Artikel Terkait :

  1. Mari Bantu Anak Meraih Kesuksesan di Masa Depan!
  2. Penyebab Penyakit Jantung Iskemik dan Cara Mencegahnya
  3. 7 Wisata Gunung Paling Indah di Indonesia
  4. Berbagai Penyebab Penyakit Jantung Lemah serta Gejalanya
  5. Efek Samping Umum Yang Timbul Setelah Berhenti Merokok

AXA Mandiri

Harga Unit

IHSG Turun -1.09% – 13 Mei 2020

Market Update

Disclaimer & Ownership. Copyright 2020 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00