Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Tetap Jernih dan Sehat

3 Juni 2016 |

Mata Tetap Jernih dan Sehat
Mata Anda ialah satu panca indera paling penting untuk menikmati keindahan yang ada di dunia. Terdapat juga istilah mata merupakan jendela hati seseorang. Betapa tidak, mata yang sehat dan bening sangat enak dipandang, dan juga menunjukkan bahwa seseorang selalu menjaganya dengan baik. Jadilah salah satu dari orang-orang yang memiliki mata sehat dengan mengikuti tips menjaga kesehatan mata supaya tetap jernih dan sehat berikut ini:

1. Konsumsi makanan sehat
Fungsi retina mata dapat terganggu jika Anda kekurangan vitamin atau mineral. Wortel paling banyak diyakini dapat membantu menjaga kesehatan mata. Namun, berbagai sayuran, terutama sayuran hijau, bisa menjadi bagian penting bagi kesehatan mata Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin C dan vitamin A lebih banyak cenderung mengurangi risiko mata lelah hingga penyakit mata lainnya.

2. Melakukan pemeriksaan mata awal
Orang dewasa yang tidak memiliki tanda atau faktor risiko penyakit mata, wajib melakukan pemeriksaan mata saat menginjak usia 40 tahun. Bicarakan dengan anggota keluarga terutama orangtua Anda, jika mereka memiliki riwayat penyakit mata sejak awal. Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata, diabetes atau tekanan darah tinggi, maka Anda harus segera menemui dokter mata.

3. Jaga jarak pandang
Jangan lupa untuk selalu menjaga jarak pandang ketika sedang berada di depan layar komputer maupun TV. Jarak pandang yang ideal adalah sekitar 50-100 cm. Hal ini juga berlaku ketika sedang membaca buku, jarak yang ideal ialah sekitar 30 cm. Menjaga jarak pandang dapat membantu untuk menghindari mata dari miopi atau rabun dekat.

4. Perhatikan petunjuk pemakaian lensa mata
Pengguna lensa kontak harus benar-benar teliti dan selalu memperhatikan pentunjuk penggunaan. Tidak hanya itu, jangan pernah tidur semalaman memakai lensa. Lensa kontak hanya boleh dikenakan maksimal selama 19 jam terus menerus. Penggunaan terlalu sering akan menumpuk bakteri pada lensa dan dapat merusak fungsi mata secara permanen.

5. Pakai pelindung mata
Biasakan untuk selalu memakai pelindung mata dalam berbagai kegiatan aktivitas seperti saat berkendara, olahraga, dan sebagainya. Banyak kacamata yang dirancang khusus untuk olahraga guna menghindari terjadinya cedera mata dan terhindar dari debu. Selain itu, kacamata hitam juga mampu memblokir 100% paparan sinar ultraviolet, sehingga membantu mencegah perkembangan katarak. Kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar matahari secara langsung yang dapat merusak retina.

6. Istirahatkan mata
Sadari kemampuan mata Anda sendiri, jika mata lelah bekerja di depan komputer atau menulis dengan jarak dekat, Anda dapat mengikuti jurus 20-20-20. Maksudnya, setiap 20 menit bekerja di depan komputer Anda harus beristirahat paling tidak 20 detik dengan melihat benda atau objek yang jaraknya 20 kaki (6 meter). Paling tidak istirahatkan mata Anda selama beberapa menit ketika melakukan aktivitas tersebut.

7. Hentikan merokok
Terutama bagi perokok, usahakan agar menghentikan kebiasaan merokok mulai sekarang. Merokok dapat berpotensi mengalami sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata. Penelitian menunjukkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih mungkin untuk mengembangkan penurunan fungsi mata saat usia tua dibandingkan mereka yang tidak merokok.

Demikianlah tujuh tips mudah dalam menjaga kesehatan mata. Jangan mau ambil risiko merusak panca indera yang paling memberikan warna pada dunia Anda ini. Lakukan pemeriksaan secara berkala supaya mata terhindar dari penyakit berbahaya.

Artikel Terkait :

  1. Ketahui Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kuning!
  2. Berlibur ke Vietnam? Kunjungi 5 Tempat Wisata di Bawah Ini!
  3. Mari Bantu Anak Meraih Kesuksesan di Masa Depan!
  4. Trik Menggunakan Kartu Kredit Saat Berlibur Ke Luar Negeri
  5. Amannya Berlibur Dengan Biro Perjalanan Wisata Ke China

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00