Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00

DPLK AXA Mandiri
Klik Disini

Temukan Kebutuhan Anda

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

7 Strategi Mudik Aman dengan Kendaraan Pribadi

22 February 2017 |

Bagi perantauan, pergi mudik untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman menjadi kenikmatan sendiri dalam merayakan Idul Fitri nanti. Umumnya, semakin dekat dengan hari raya, harga tiket dapat melambung kian tinggi daripada dengan tiket di luar hari besar. Jadi, tidak heran jika sekarang orang-orang lebih memilih mudik menggunakan transportasi pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Sebab, dapat menekan ongkos transportasi. Namun, masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Sebenarnya, mudik dengan kendaraan pribadi mempunyai risiko yang lebih tinggi ketimbang dengan kendaraan umum. Dimulai dari macet di jalan yang tidak terprediksi, keselamatan dalam berkendara, bahkan rute jalan yang tidak hafal. Perhatikanlah ulasan berikut ini agar Anda mendapatkan mudik aman meskipun menggunakan kendaraan pribadi.

  1. Periksa Kondisi Kendaraan
    Hal utama dan sangat penting dilakukan sebelum mudik yakni, memeriksa kondisi kendaraan Anda terlebih dulu. Lakukanlah pengecekan mobil atau motor ke bengkel terdekat. Kondisi kendaraan Anda menjadi faktor penting dan paling berpengaruh terhadap keselamatan Anda dan keluarga apabila mudik dengan kendaraan pribadi. Untuk mobil, usahakanlah untuk periksakan mesin, oli, rem, air bag dan roda. Sedangkan motor, periksalah mesin, rem dan ban motor pastikan kondisinya baik. Jangan remehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan di jalan dikarenakan kendaraan yang kurang layak untuk dipakai mudik.
  2. Angkut Sesuai Kapasitas
    Agar Anda mendapatkan kenyamanan saat mudik, hindari mengangkut beban atau orang yang melebih kapasitas dari kendaraan Anda. Pada dasarnya, tiap kendaraan didesain untuk mengangkut beban atau orang sesuai pada kapasitasnya masing-masing. Namun, bila terjadi kelebihan beban, hal ini akan berpotensi pada keselamatan seluruh penumpang sehingga, hal ini tidak sehat dan berbahaya untuk keselamatan Anda maupun keluarga.
  3. Bawa Uang Tunai Secukupnya
    Hal yang satu ini tergolong penting, sebab selama perjalanan menuju kampung halaman, tidak selalu terdapat mesin ATM, sehingga membawa uang tunai secukupnya adalah sebuah keharusan. Tak perlu berlebihan, sebaiknya sebelum mudik, lakukanlah perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama di perjalanan. Buatlah perhitungan dengan terperinci agar terlihat kisaran biaya yang diperlukan.
  4. Bawa Makanan Dan Minuman Secukupnya
    Kemacetan ketika mudik itu sering terjadi, kemacetan dapat terjadi dimana saja, seperti di jalan tol, di jalanan panjang ataupun jalanan kecil yang menjadi jalur mudik. Oleh sebab itu, hal penting berikutnya yakni, membawa persediaan makanan dan minuman yang cukup. Ketika berkendara di tengah kemacetan yang membuat Anda stres, Anda dapat berpotensi lapar dan haus, bahkan hal ini dapat menyebabkan kehilangan kosentrasi saat menyetir.
  5. Aktifkan GPS
    Khusus bagi Anda yang belum hafal jalan, atau tertarik untuk mencari jalan alternatif guna menghindari kemacetan. Sebaiknya saat mudik, aktifkan selalu GPS di ponsel pintar Anda. Pastikan baterai ponsel Anda sudah mencukupi, bawa juga power bank untuk di perjalanan. Bila Anda punya peta, sebaiknya bawalah juga untuk antisipasi salah rute perjalanan. Itulah gunanya jika Anda membawa peta atau GPS. Anda bisa berkendara dengan lebih pasti dan lebih tepat dengan membawa GPS dan peta.

Ingat, tidak perlu merasa egois saat berkendara di jalan, lakukanlah persiapan yang baik agar mudik tahun ini nyaman, aman lancar dan selamat hingga tujuan Anda. Selain mengecek kondisi kendaraan sebelum mudik, pastikan pula Anda dan keluarga memiliki perlindungan diri, seperti asuransi jiwa. Gunakan asuransi jiwa AXA Mandiri yang dapat melindungi Anda dan keluarga selama bepergian kapan pun dan di manapun dengan mudah.

Artikel Terkait :

  1. Gejala Ginjal Sakit yang Paling Umum
  2. Ketahui Beberapa Nutrisi Penting Bagi Wanita Aktif
  3. Apa itu Biro Perjalanan Wisata Online?
  4. Amannya Berlibur Dengan Biro Perjalanan Wisata Ke Amerika
  5. 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Tetap Jernih dan Sehat

AXA Mandiri

Harga Unit

IHSG Turun -0.75% – 14 Mei 2020

Market Update

Disclaimer & Ownership. Copyright 2020 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00