Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

6 Gejala Jantung Bocor pada Orang Dewasa Perlu Diatasi

23 September 2016 |

6-gejala-jantung-bocor

Organ jantung memiliki 4 ruangan, jantung sebelah kanan masing-masing memiliki 2 ruangan terdiri dari serambi di atas dan bilik di bawah, begitu pula dengan jantung sebelah kiri memiliki serambi dan bilik. Bila terdapat lubang atau kebocoran pada sekat antara dua serambi atas jantung maka disebut sebagai defek septum atrium (Atrial Septal Defect/ASD). Sementara bila terdapat lubang atau kebocoran pada sekat antara dua bilik jantung maka disebut defek septum ventrikel (Vertricular Septal Defect/VSD).

Kondisi jantung bocor merupakan kelainan bawaan atau kongenital yaitu masalah pada struktur jantung yang telah ada sejak lahir sehingga akan mengubah aliran normal darah melalui jantung. Meskipun sudah dapat dideteksi sejak bayi, namun bisa saja pengidap jantung bocor sederhana bertahan hidup hingga usia dewasa. Jika diperhatikan dari luar, memang perbedaan orang yang mengalami jantung bocor tidak dapat dilihat kasat mata. Akan tetapi, terdapat sejumlah gejala jantung bocor pada orang dewasa seperti berikut ini.

1. Adanya murmur jantung
Pada orang dewasa yang memiliki kelainan bagian atrium septumnnya, akan ditemui gejala murmur jantung. Keadaan ini adalah adanya tambahan suara pada detak jantungnya, tidak bisa berdetak dengan frekuensi dan suara seperti orang normal.

2. Mudah lelah
Gejala jantung bocor pada orang dewasa yang umum adalah mudah lelah, sebab penderita hanya memiliki sedikit pasokan darah. Pada bagian kanan jantung yang seharusnya mengandung karbon dioksida dan akan di olah pada bagian paru-paru mengalami ketambahan daya berasal dari jantung bagian lain. Hal ini menyebabkan jantung bekerja lebih banyak dan kerja seluruh tubuh juga lebih ekstra.

3. Organ lain bengkak
Masalah jantung yang bocor memang akan berdampak pada beberapa organ lain, terutama paru-paru yang letaknya dekat dengan jantung. Pada pergelangan kaki yang ada di bawah, perut, bahkan sampai ke atas seperti pembuluh vena yang ada di leher juga mengalami pembengkakan. Gejala ini di sebabkan adanya penumpukan zat yang banyak.

4. Mengalami sesak nafas
Masih berhubungan dengan kerja paru-paru, hal yang diolah juga sama dengan jantung, yakni antara darah bersih yang mengandung oksigen dan karbondioksida. Maka saat jantung mengalami masalah, paru paru juga ikut kena dampaknya. Saat jantung sakit, biasanya penderita juga mengalami sesak nafas sebab oksigen yang tidak mengalir dengan benar.

5. Warna kebiruan di berbagai bagian tubuh
Pada gejala jantung bocor pada orang dewasa bisa dilihat dari warna tubuhnya. Biasanya ada warna kebiruan mirip seperti lebam, seperti kebiruan di bagian ujung kuku yang seharusnya berwarna kulit segar pada orang normal. Selain itu pada lidah juga tampak kebiruan, padahal seharusnya merah segar. Bisa juga kebiruan pada bagian bibir yang biasanya berwarna merah darah atau merah hati.

6. Kadar haemoglobin tinggi
Haemoglobin (Hb) adalah sel darah merah yang terdapat pada tubuh. Secara umum pada orang normal memiliki kadar haemoglobin antara 13,0 sampai dengan 15,0. Akan tetapi pada mereka yang mengalami ciri-ciri jantung bocor berbeda, kadar haemogoblin yang dimiliki sangat tinggi bisa mencapai 20,0.

Jika tidak ada tindak lanjut pengobatan, kondisi kelainan jantung bocor akan berakibat fatal dapat merusak jantung hingga komplikasi bahkan gagal jantung. Berikan penanganan pada organ vital Anda dengan benar dan menyeluruh pada dokter ahli. Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya selama memiliki proteksi kesehatan bersama asuransi AXA Mandiri yang fleksibel serta terjangkau.

Artikel Terkait :

  1. Gunakan Biro Perjalanan Wisata Ke Singapura Untuk Liburan
  2. Berlibur ke Vietnam? Kunjungi 5 Tempat Wisata di Bawah Ini!
  3. Cara Menjaga Kesehatan Kulit Sesuai Tipe Kulit Anda
  4. 7 Wisata Gunung Paling Indah di Indonesia
  5. Ini Dia Ciri-ciri Ginjal Bermasalah

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00