Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

6 gejala ginjal tidak sehat

6 Juni 2016 |

gejala ginjal tidak sehat
Ginjal ialah organ sebesar kepalan tangan orang dewasa yang memiliki fungsi untuk menyaring ampas sisa metabolisme tubuh, zat hasil sampingan dan cairan berlebih dari darah, menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral dalam tubuh, dan fungsi penting lainnya. Ginjal merupakan sepasang organ sangat penting berbentuk menyerupai kacang merah yang berada di kedua sisi tubuh bagian belakang atas, lebih tepatnya di bawah tulang rusuk manusia.

Pada saat ginjal mengalami gangguan atau rusak, sisa metabolisme tubuh dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh. Jika ginjal sudah tidak berfungsi, maka akibatnya akan mematikan. Perhatikan gejala ginjal tidak sehat seperti berikut:

  1. Pembengkakan tubuh

Ciri awal terjadinya gangguan pada ginjal adalah tubuh yang mengalami pembengkakan. Biasanya kondisi bengkak terjadi pada bagian pergelangan kaki, lengan, perut, dan lainnya. Gejala ginjal tidak sehat berikut kemungkinan besar disebabkan tubuh yang tidak dapat mengeluarkan semua cairan yang menumpuk di dalamnya. Gejala ini sering disertai dengan beberapa tanda seperti rambut yang rontok terus menerus, berat badan yang menurun drastis meskipun terlihat lebih gemuk.

  1. Sesak nafas

Penumpukan cairan yang terjadi dalam paru-paru bisa membuat Anda menjadi mudah sesak napas. Penumpukan cairan tersebut terjadi karena fungsi ginjal yang sudah tidak optimal lagi. Ginjal yang juga berfungsi sebagai pembuang cairan tidak dibutuhkan dari dalam tubuh tentu tidak akan bisa bekerja secara sempurna saat fungsinya mengalami gangguan. Cairan akan semakin menumpuk di dalam tubuh dan memungkinkan cairan tersebut masuk ke dalam paru-paru, kondisi ini perlu segera ditangani.

  1. Perubahan pada urin

Urin yang sehat berwarna kuning cerah dan cairan sempurna, gejala ginjal tidak sehat bisa menyebabkan urin berubah menjadi warna merah, hingga kecoklatan dan berbusa. Busa tampak seperti gelembung akan langsung terlihat ketika urin keluar. Busa terbentuk disebabkan adanya banyak protein albumin yang sudah menumpuk dalam urin. Fungsi ginjal membuang cairan pada gejala ini kemungkinan sudah tidak berfungsi dengan baik.

  1. Mual dan muntah

Gejala mual dan muntah ternyata berkaitan juga dengan gejala ginjal bengkak atau gejala ginjal tidak sehat. Gangguan pada fungsi ginjal menyebabkan zat racun yang menyebar dalam aliran darah, hingga mengganggu seluruh sistem tubuh termasuk sistem pencernaan. Gangguan inilah yang akhirnya menyebabkan rasa mual dan muntah terus menerus. Rasa mual ini biasanya akan menurunkan nafsu makan penderit,a sehingga justru malah memperburuk keadaan.

  1. Mudah lelah

Salah satu sistem kerja ginjal adalah memproduksi hormon bekerja untuk memberikan sinyal kepada tubuh agar bisa memproduksi sel darah merah guna kerja metabolisme. Namun ketika ginjal tidak bisa dalam membuat hormon ini, maka tubuh juga akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi sel darah merah. Sehingga Anda akan merasa keluhan tubuh mudah lelah akibat tidak ada sel darah merah menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk otak.

  1. Mengalami osteoporosis

Gangguan yang terjadi pada ginjal juga bisa menyebabkan Anda lebih cepat mengalami pengeroposan tulang atau osteoporosis. Hal ini terkait dengan salah satu fungsi ginjal untuk menjaga keseimbangan berbagai zat termasuk kalsium di dalam tubuh manusia. Saat kandungan kalsium tidak seimbang dan jumlahnya berkurang, hal ini tentunya memicu osteoporosis.

Periksakan kembali kondisi ginjal Anda, terutama apabila mengalami gejala ginjal tidak sehat di atas. Kini Anda tidak perlu khawatir, telah ada solusi proteksi kesehatan bagi Anda dan keluarga yang melalui perlindungan asuransi jiwa AXA Mandiri. Selain jelas dan mudah, pertanggungannya juga sudah terpercaya.

Artikel Terkait :

  1. Hati-hati! Inilah Gejala Pada Disfungsi Sendi Rahang
  2. Ribet Membawa DSLR Saat Liburan? Ikuti Tips Ini!
  3. Berlibur Saat Hamil? Mengapa Tidak!
  4. Berlibur ke Vietnam? Kunjungi 5 Tempat Wisata di Bawah Ini!
  5. Tips Kesehatan Tubuh Secara Alami

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00