Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00

DPLK AXA Mandiri
Klik Disini

Temukan Kebutuhan Anda

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

5 tanda dan gejala ginjal bermasalah

6 Juni 2016 |

ini tanda dan gejala ginjal bermasalah
Gaya hidup dan pola makan seseorang paling berisiko langsung terhadap kesehatan tubuh. Kebiasaan konsumsi makanan yang tidak sehat dan tidak melakukan olahraga teratur, lama kelamaan akan menumpuk racun dalam organ-organ tubuh. Salah satunya adalah pada organ ginjal yang memiliki fungsi utama menyaring dan mengeluarkan zat dalam tubuh. Bila fungsi ginjal semakin menurun, sangat besar kemungkinan terjadinya gagal ginjal.

Tidak sedikit orang yang sebenarnya menderita penyakit ginjal tidak pernah menyadari penyakitnya. Hal ini mungkin juga disebabkan gejala penyakitnya sangat samar atau mirip dengan penyakit lain. Oleh sebab itu, perhatikan tanda dan gejala ginjal bermasalah di antaranya:

  1. Perubahan pola buang air kecil

Ginjal adalah organ tempat memproduksi urin, tanda dan gejala ginjal bermasalah paling utama ialah terjadinya perubahan pola buang air kecil. Walaupun merasakan ingin buang air kecil, urin yang dikeluarkan akan sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali. Hal ini juga menyebabkan penderita akan bolak-bolak merasakan hendak buang air kecil karena proses pembuangan yang tidak tuntas. Kandungan limbah dengan zat racun yang berlebihan pun akan berpengaruh pada urin. Penderita penyakit ginjal akan memiliki urin berwarna kemerahan atau kecoklatan. Bahkan urin bisa banyak mengandung busa, disebabkan kemungkinan protein dalam darah bocor, hingga mampu tercampur keluar melalui urin.

  1. Gatal dan pembengkakan

Ginjal mempunyai tugas membuang sisa-sisa metabolisme dari peredaran darah. Apabila ginjal bermasalah, akan terjadi penumpukan kotoran atau zat sisa dalam darah dan akhirnya menyebabkan gatal-gatal. Gatal yang terus menerus terjadi dapat mengakibatkan luka atau pendarahan akibat sering digaruk. Pada beberapa bagian tubuh tertentu, terutama kaki dan mata akan terjadi pembengkakan seiring dengan rasa gatal. Cairan yang tidak diperlukan akan mengisi ruang dalam tubuh, syaraf-syaraf pada kaki dan mata paling rentan terserang ketika adanya penyakit atau gangguan di dalam ginjal.

  1. Kelelahan dan sesak nafas

Penderita ginjal biasanya akan mengalami cepat lelah dan sesak nafas. Ginjal yang tidak berfungsi dengan baik mengakibatkan cairan berlebihan menutup paru-paru sehingga penderita akan merasa sesak napas. Berkurangnya fungsi ginjal dalam tubuh akan menyebabkan hormon yang diproduksi ginjal juga berkurang. Hormon tersebut adalah hormon yang membantu membawa oksigen sel darah merah atau trombosit ke seluruh bagian tubuh. Saat jumlah trombosit menurun tubuh penderita akan sangat cepat lelah meski tidak berkegiatan banyak. Pasokan oksigen yang sedikit akhirnya menyebabkan sesak nafas.

  1. Demam tinggi, mual dan muntah

Demam bisa dikatakan sebagai reaksi paling jelas terlihat ketika terjadi proses yang tidak berjalan normal pada tubuh serta tanda dan gejala ginjal bermasalah. Kandungan cairan dan berbagai zat tidak seimbang dalam tubuh akan menimbulkan kenaikan suhu tubuh yang tinggi. Tidak hanya itu, pada saat sistem ekskresi atau pembuangan terganggu, biasanya juga akan berpengaruh pada sistem pencernaan tubuh. Rasa mual seringkali menyerang penderita ginjal, bila terasa berlebihan maka mampu menyebabkan muntah.

  1. Sering mengeluhkan rasa sakit pada pinggang

Beberapa orang yang bermasalah dengan ginjal biasanya mengalami sakit pada bagian pinggang . Adanya keluhan rasa sakit pada pinggang biasanya karena disebabkan letak ginjal yang berada pada sisi pinggang bawah. Ginjal yang tidak berfungsi optimal akan menyebabkan nyeri hebat pada pinggang. Rasa sakit ini bisa terjadi kemungkinan akibat dari telah rusaknya jaringan pada ginjal. Akan tetapi kondisi ini bisa juga berkaitan dengan penyakit batu ginjal yang terjebak dalam ureter. Rasa nyeri pada awalnya hanya sesekali saja, namun setelah itu rasa sakit tersebut akan berlanjut lebih lama dan sering.

Jika Anda merasakan tanda dan gejala ginjal bermasalah seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya mulai periksakan ginjal Anda pada dokter. Pastikan untuk mendapat perlindungan menyeluruh dengan asuransi kesehatan AXA Mandiri, solusi proteksi menyeluruh bagi Anda dan keluarga.

Artikel Terkait :

  1. Mari Berlibur Ke Singapura ala Backpacker!
  2. Aman Berlibur Dengan Biro Perjalanan Wisata
  3. Kenali Penyakit Katup Jantung Pada Diri Anda!
  4. Waspadai Infeksi Mata Akibat Lensa Kontak
  5. Waspadai Gejala Penyakit Alzheimer di Usia Muda

AXA Mandiri

Harga Unit

IHSG Naik +1.07% – 03 Juli 2020

Market Update

Disclaimer & Ownership. Copyright 2020 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00