Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00


Kalkulator Pendidikan

Temukan Kebutuhan Anda

Live Chat

Live Chat

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

5 Cara Cerdas Menyusun Strategi Berbisnis

22 Pebruari 2017 |

Cerdas Menyusun Strategi Berbisnis

Rencana bisnis ibarat peta jalan kesuksesan bagi pebisnis. Tidak akan terlepas dari status pemula, junior atau senior, yang namanya pebisnis pasti harus tahan banting yaitu, memiliki mental semangat kuat dan positif untuk menghadapi segala macam tantangan bisnis. Dalam membangun bisnis yang sukses Anda perlu mempunyai rencana dan strategi bisnis yang cerdas. Rencana bisnis yang dibuat dengan baik, dapat berpeluang besar meningkatkan keberhasilan usaha.
Sebuah perusahaan yang mempunyai dan melakukan perencanaan bisnis yang baik, umumnya akan lebih cepat berhasil daripada perusahaan yang tidak memiliki rencana.

Lalu apa rencana bisnis itu? Bagaimana tips membuat rencana bisnis yang sukses? Apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut ulasannya.

  1. Miliki Deskripsi Usaha yang Jelas
    Apa pun jenis bisnis Anda, mulai lah dengan mempunyai deskripsi yang jelas dan mudah dipahami setiap orang. Gambaran atau deskripsi bisnis yang menjelaskan bentuk usaha, produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan, rugi dan untung produk/jasa yang dijual, harga, biaya operasional perusahaan, sampai sistem kerja yang diberlakukan umumnya lebih cepat mencapai sasaran usahanya. Untuk itu, deskripsikan posisi perusahaan Anda saat ini dan yang akan datang, lokasi usaha, manajemen inti, bentuk usaha, konsep manajemen yang dijalankan dan sebagainya.
  2. Lakukan Analisa dari Pesaing
    Melakukan sebuah analisa sederhana dari pesaing usaha, dapat menjadi cara yang tepat dalam menciptakan strategi bisnis yang lebih baik. Lakukanlah pengamatan dan analisa sederhana guna mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, serta kelemahan pesaing bisnis Anda. Belajarlah dari pengalaman gagal dan kesuksesan orang lain, dengan begitu Anda dapat menciptakan rumus sukses dan juga strategi bisnis versi Anda sendiri.
  3. Strategi Pemasaran Tepat Sasaran
    Strategi pemasaran dapat mencerminkan seberapa besarnya potensi bisnis untuk sukses dipasarkan. Tipsnya, strategi harus direncanakan secara lengkap, mulai dari promosi produk, biaya, waktu, tempat, target produk sampai media promosi yang akan dipilih. Selalu terapkanlah perspektif 4P (Product, Price, Place, Promotion) agar strategi usaha Anda tercapai dan sukses.
  4. Mempunyai Laporan Keuangan
    Dalam membangun usaha, keuangan menjadi hal terpenting yang tidak boleh disepelekan. Pelajarilah cara sederhana untuk melakukan pembukuan keuangan usaha dengan rapi. Usahakan untuk membedakan antara modal bisnis dan pribadi. Jujur dan transparan dalam mengelola keuangan usaha akan menjadi modal bisnis yang dapat membawa kesuksesan Anda. Buatlah laporan keuangan yang memaparkan laporan arus kas keuangan tahun ini, ekspektasi laba, kebutuhan modal, biaya tambahan, dana cadangan, dan lain sebagainya.
  5. Menjaga Kualitas Produk Atau Jasa
    Dalam berbisnis, pastikan pula Anda selalu mengutamakan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan. Agar bisnis yang dilakukan berkembang dengan pesat, mempunyai untung yang besar dan banyak pelanggan, Anda wajib menjaga kualitas. Contohnya, Anda memiliki sebuah usaha rumah makan mie ayam, banyak pelanggan setia yang menyukai mie ayam Anda sehingga sering mampir ke tempat Anda karena mie ayam yang enak dengan harga terjangkau. Namun, dari sisi pebisnis, Anda juga harus berpikir bagaimana caranya agar tetap untung meski harga bahan-bahan pokok mie ayam melonjak. Lakukanlah strategi menaikkan harga dengan bertahap tetapi tetap jaga kualitas rasa, serta pelayanan mie ayam Anda. Pelanggan akan terus berdatangan membeli mie ayam saat pelanggan merasa puas dengan produk dan pelayanan yang berkualitas dari Anda.

Agar berbisnis semakin tenang dan nyaman, segera miliki asuransi jiwa yang dapat memberi perlindungan pada diri Anda. Dengan adanya asuransi jiwa, hal ini juga dapat melatih diri sendiri agar dapat mengelola keuangan bisnis dan pribadi dengan lebih cermat. Asuransi jiwa AXA Mandiri dapat memberikan perlindungan sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda bisa tetap fokus menjalankan usaha dan meraih sukses lebih mudah.

Artikel Terkait :

  1. Apa Saja Ciri-ciri Orang Terkena Ginjal yang Bermasalah?
  2. 10 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata
  3. Tips Kesehatan Tubuh Secara Alami
  4. 7 Tips Menjaga Kesehatan Mata Tetap Jernih dan Sehat
  5. Penting Mengenal 6 Tanda Gejala Sakit Jantung

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2019 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00