Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

10 Tanda dan Gejala Sakit Jantung

6 June 2016 |

tanda dan gejala sakit jantung
Mungkin Anda sering mendengar kasus ketika seseorang tiba-tiba merasakan nyeri di dada, jatuh pingsan, kemudian terlambat mendapatkan pertolongan akhirnya meninggal. Setelah kejadian baru didapatkan kabar bahwa orang tersebut mengalami serangan jantung. Serangan seperti ini tentunya menakutkan bila tidak segera dipelajari gejala awalnya.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian dan bisa menyerang siapa pun dan kapan pun. Tanda dan gejala sakit jantung terkadang hampir mirip dengan gejala penyakit lain. Apalagi jika Anda menderita diabetes dan gangguan syaraf, maka gejalanya sering tidak dirasakan di awal. Maka dari itu Anda perlu mengetahui informasi tanda dan gejala sakit jantung tersebut, sehingga bisa segera dikonsultasikan oleh dokter dan diberikan pengobatan.

Aliran darah pada jantung bisa mengalami penyumbatan, yang akhirnya berdampak pada serangan jantung. Penyumbatan itu sendiri dibagi 2 yakni:

  • Penyumbatan pembuluh koroner besar, biasanya terjadi hanya sementara saja dan disertai dengan rasa sakit pada bagian dada yang cukup intens.
  • Penyumbatan pembuluh koroner kecil, biasanya terjadi karena penyumbatan yang diakibatkan oleh kolesterol jahat atau bisa juga karena pengaruh diabetes berdampak pada pembuluh darah menjadi kaku.

Secara umum, tanda dan gejala sakit jantung antara lain:

  1. Nyeri pada dada, hal ini disebabkan oleh otot dan jantung yang tidak mendapatkan pasokan oksigen dan darah yang cukup, sehingga membuat jantung tersebut menjadi nyeri. Rasa nyeri biasanya disertai dengan rasa seperti jantung diremas-remas dan rasa sakit yang amat sangat.
  2. Merasa lelah berlebihan, merasa lelah padahal tidak melakukan aktivitas fisik berat juga bisa menjadi indikasi awal dari penyakit jantung. Hal ini kemungkinan terjadi akibat aliran darah dengan pasokan oksigen tidak lancar ke seluruh tubuh.
  3. Mengeluarkan keringat, biasanya penderita mengeluarkan keringat dingin berlebih padahal tidak sedang melakukan kegiatan fisik, umumnya pada area telapak tangan sering keluar keringat.
  4. Sesak nafas, penderita merasakan sesak nafas hingga lama kelamaan pusing karena kekurangan oksigen. Gejala diakibatkan kontraksi otot jantung yang tidak normal hingga bisa berdampak ke paru-paru, sehingga akan menyebabkan sesak nafas.
  5. Jantung berdebar-debar, penderita yang mengalami jantung berdebar kencang tanpa sebab pasti dan rasanya seperti seusai lari marathon, juga bisa diwaspadai sebagai tanda dan gejala sakit jantung.
  6. Cemas, orang yang dihinggapi rasa cemas karena memikirkan kondisi tubuhnya tentang penyakit jantung ada baiknya untuk menenangkan diri karena rasa cemas berlebihan justru akan semakin menganggu kerja jantung.
  7. Nafsu makan menurun, salah satu indikasi awal dari penyakit jantung adalah penderita mengalami nafsu makan yang menurun drastis dan biasanya juga disertai mual, hingga muntah-muntah.
  8. Sakit kepala, sakit kepala pada gejala awal penyakit jantung umumnya terjadi sangat menyakitkan. Kondisi ini terjadi kemungkinan besar akibat aliran darah ke otak tidak normal dan terganggu.
  9. Bagian tubuh membengkak, beberapa bagian tubuh seperti kaki, tangan dan perut membengkak tanpa sebab, maka Anda wajib berhati-hati dan melakukan antisipasi.
  10. Sakit di beberapa bagian tubuh, gejala ini disebabkan oleh aliran darah yang tersumbat menuju beberapa bagian tubuh tersebut dan akhirnya terasa sakit.

Kurangi gaya hidup masayarakat modern tidak sehat seperti pola makan buruk dan tidak teratur, malas berolahraga, kurang istirahat, dan konsumsi alkohol serta merokok yang turut memperparah timbulnya penyakit ini. Konsumsilah makanan yang bergizi seimbang dan olahraga rutin, serta melakukan pemeriksaan kesehatan berkala. Pilihlah asuransi jiwa AXA Mandiri sebagai antisipasi untuk biaya pengobatan Anda dan keluarga saat risiko kesehatan menghampiri.

Artikel Terkait :

  1. 6 gejala ginjal tidak sehat
  2. Kenali Manfaat Biro Perjalanan ke Luar Negeri!
  3. Pemula dalam Traveling? Perhatikan Hal Berikut Ini!
  4. Gejala Sakit Jantung Bengkak dan Langkah Mencegahnya
  5. Ketahui Penyebab dan Pencegahan Penyakit Kuning!

AXA Mandiri

Harga Unit
Kurs Rupiah

27 Agu 2015

Beli BI Tengah BI
USD 14,031.00 14,102.00
Total Klaim

Jul 2015

IDR 125,736,332,881.00
USD 0.00

Disclaimer & Ownership. Copyright 2018 AXA Mandiri.
AXA Mandiri merupakan perusahaan asuransi yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan

Selamat Datang di AXA Mandiri Online Solution

Pilih layanan yang Anda butuhkan

icon-chat
icon-chat

Maaf Layanan kami sedang offline

Jam kerja kami senin - jumat pukul 08.00-17.00